Peristiwa Nasional 3M Lawan Covid

'Kado' HUT ke-75 Pemprov Jatim, Jokowi Tunjuk Jatim Jadi Percontohan Penanganan Covid-19

Senin, 12 Oktober 2020 - 17:59 | 50.21k
Presiden RI Joko Widodo. (Dok. TIMES Indonesia)
Presiden RI Joko Widodo. (Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo dalam rapat terbatas siang ini menyebutkan ada dua provinsi yang dinilai berhasil mengendalikan pandemi Covid-19 yakni Jawa Timur (Jatim) dan Sulawesi Selatan (Sulsel). Keduanya layak menjadi provinsi percontohan. 

Presiden juga meminta agar perkembangan kasus Covid-19 terus ditekan melalui sosialisasi protokol kesehatan secara massif.

“Saya mencatat dari angka-angka yang ada, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Sulawesi Selatan menunjukan perbaikan dalam pengendalian pandemi Covid,” tuturnya, Senin (12/10/2020). 

“Saya kira ini bisa dijadikan contoh provinsi-provinsi yang lain,” ujarnya.

Pernyataan Jokowi tersebut bertepatan dengan HUT ke-75 Pemprov Jatim dan seolah menjadi kado dan kabar menggembirakan. 

Tak hanya itu saja. Jokowi juga meminta agar provinsi prioritas penanganan Covid-19 dimonitor secara ketat serta perbaikan testing, tracing dan treatment. 

“Sehingga gap antara provinsi yang satu dengan yang lain terutama mengenai testing bisa kita kejar dengan baik,” ungkapnya.

Pada pekan lalu, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut bahwa Sulsel dan Jatim adalah contoh dua provinsi yang terus meningkatkan upaya penanganan Covid-19. Di mana, pada pekan lalu membuahkan hasil yang positif. 

Berdasarkan data per tanggal 4 oktober 2020, tidak ada lagi zona merah di Sulsel dan Jatim. Dia mengatakan seluruh kabupaten/kota berzona merah di dua provinsi itu sudah berpindah menjadi zona oranye.

Perkembangan kasus mingguan di Sulsel dan Jatim juga mengalami penurunan. Sejumlah 30,1% untuk Sulawesi Selatan dan 8% untuk Jawa Timur.

Selain itu, persentase kesembuhan juga termasuk ke dalam provinsi dengan persentase kesembuhan tertinggi di Indonesia. Di mana, 81,93% untuk Sulsel dan 88,53% untuk Jatim.

“Keduanya memiliki persentase kesembuhan lebih tinggi dari angka rata-rata nasional,” ujarnya.

Wiku juga mengungkapkan bahwa persentase kematian juga mengalami penurunan yang cukup signifikan yaitu 46,2%.

“Satgas mengapresiasi Pemda Sulsel dan Jatim yang sudah berhasil mengendalikan kasus. Namun, saya ingatkan jangan sampai prestasi ini membuat kita lengah. Hal ini merupakan prestasi yang harus dipertahankan sehingga berkontribusi terhadap penurunan kasus positif secara nasional,” jelasnya.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Satria Bagus

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES