Peristiwa Daerah

Bendung Rentang Jatitujuh Majalengka Dikeringkan, Ada Apa?

Senin, 12 Oktober 2020 - 17:30 | 217.87k
Bendung Rentang Jatitujuh, Majalengka, dikeringkan. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)
Bendung Rentang Jatitujuh, Majalengka, dikeringkan. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKABendung Rentang yang berada di Desa Panongan, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, sengaja dikeringkan, Senin (12/10/2020). Hal ini bertujuan untuk melakukan perawatan terkait peralatan dan kondisi terkini Bendung tersebut.

Koordinator Lapangan Bendung Rentang, Dadi Supriyadi mengatakan, pengeringan yang dilakukan pihaknya dilakukan pagi tadi pada pukul 08.00 WIB. Dikatakan, nantinya pengeringan ini akan dilakukan selama sembilan hari atau hingga tanggal 31 Oktober 2020.

"Ini sudah kami lakukan setiap tahunnya. Untuk perawatan. Saat ini juga para petani sudah tidak terlalu membutuhkan saluran air untuk tanaman mereka," ujar Dadi.

Selama pengeringan, kata Dadi, Bendung yang mengaliri dua anak sungai tersebut dimanfaatkan oleh warga untuk mencari ikan. Pasalnya, sungai yang surut membuat ikan-ikan lebih mudah ditangkap untuk nantinya dikonsumsi warga demi kebutuhan sehari-hari.

"Dua sungai tersebut, yakni sungai Sindupraja dan sungai Cipelang. Dan pengeringan ini sudah kaya tradisi warga. Jadi setiap Bendung ini dikeringkan, banyak warga yang mencari ikan dan memang ikannya banyak. Bahkan, dari luar Majalengka pun banyak yang sengaja datang ke sini," ucap dia.

Selain itu, Dadi menambahkan, terkait pengeringan yang dilakukan pihaknya sampai saat ini tidak ada dampak yang berarti untuk aliran irigasi. Hal ini dikarenakan, pihaknya sudah memiliki tampungan dari Waduk Jatigede yang ia yakini dapat mengatasi hal tersebut.

Sampai saat ini, sebelum melakukan pengeringan, ia mengaku pihaknya selalu melakukan koordinasi dengan pihak Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA).

"Dan disepakati bahwa pengeringan dilakukan pada tanggal 12 Oktober sampai 31 Oktober 2020 atau lebih lama dibanding tahun kemarin yang hanya satu Minggu," jelasnya terkait pengeringan Bendung Rentang di Kabupaten Majalengka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES