Peristiwa Daerah

Sejumlah Jurnalis Menggelar Aksi Damai di Polres Cirebon Kota

Senin, 12 Oktober 2020 - 17:04 | 44.42k
Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Cirebon Raya Faizal Nurathman memimpin orasi (Foto: Ayu Lestari/TIMES Indonesia)
Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Cirebon Raya Faizal Nurathman memimpin orasi (Foto: Ayu Lestari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Mako Polres Cirebon Kota didatangi sejumlah jurnalis yang tergabung dalam Jurnalis Anti Kekerasan (Sajak), Senin (12/10/2020).

Puluhan jurnalis tersebut menggelar aksi damai soal penanganan Polri terhadap sejumlah jurnalis saat melakukan peliputan aksi Penolakan UU Omnibus Law di beberapa daerah di Indonesia beberapa waktu lalu. Termasuk di Kota Cirebon.

IJTI Cirebon 2

Mereka membentangkan sejumlah spanduk dan poster yang mengritisi penanganan Polri saat unjuk rasa.

Aksi damai ini ditanggapi oleh Kasubag Humas Cirebon Kota IPTU Ngatija. Selama aksi damai berlangsung, ia hanya menyampaikan bahwa Kapolres Cirebon Kota Syamsul Huda tidak dapat hadir.

"Kawan, Kapolres Cirebon Kota katanya lagi rapat vicon di dalam dengan Polri, tidak bisa menemui dan mendengarkan tuntutan kami," kata Faisal yang menerima kabar tersebut dari Kasubag Humas Polres Cirebon Kota.

Dalam aksi damai ini juga seluruh id card pers diletakkan di bawah kaki anggota polisi yang berjaga di gerbang Mako Polres Cirebon Kota.

IJTI Cirebon 3

Mereka kemudian menggelar tahlilan sebagi ungkapan keinginan untuk mendapat keadilan, hak keselamatan dan hak memperoleh informasi.

"Kapolres tidak perduli dengan jurnalis, ditemui saja susah apalagi soal keterbukaan publik. Sementara masyarakat harus mengetahui kinerja kepolisian, yang dapat menjadi barometer keberhasilan polisi dalam menjalankan tugasnya, jadi masyarakat tahu Kota Cirebon ini aman atau tidak," katanya.

Dia berharap, Polres Cirebon Kota dengan jurnalis Cirebon Raya bisa bersinergi dan tak ada lagi kesenjangan terjadi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES