Peristiwa Nasional

Presiden RI Jokowi Sebut Angka Kesembuhan Covid-19 Lebih Baik dari Rata-Rata Dunia

Senin, 12 Oktober 2020 - 16:23 | 38.10k
Presiden RI Jokowi. (FOTO: Biro Pers Istana Kepresidenan).
Presiden RI Jokowi. (FOTO: Biro Pers Istana Kepresidenan).

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden RI Jokowi mencatat tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia naik dan lebih baik dari rata-rata angka kesembuhan dunia.

Kepala Negara mengatakan hal itu dalam Rapat Terbatas (melalui video konferensi) dengan topik Laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional dari Istana Merdeka Jakarta, Senin (12/10/2020).

“Rata-rata kesembuhan per-11 Oktober mencapai 76,48 persen. Dan ini sudah lebih baik dari rata-rata angka kesembuhan dunia yang sebesar 75,03 persen. Ini juga sudah lebih baik," ujar Jokowi.

Menurut dia, peningkatan ini sebagai sesuatu yang baik dan oleh karena itu angka rata-rata kesembuhan harus ditingkatkan.

Beberapa hal yang harus dilakukan di antaranya dengan meningkatkan standar pengobatan dari rumah sakit, di ICU, maupun di tempat-tempat isolasi.

“Dan kita juga sudah bisa menekan rata rata angka kematian, meski masih di atas dunia, di (angka) 3,55 persen,” ujar Presiden.

Meski begitu ia mengatakan angka tersebut masih lebih baik dari dua pekan sebelumnya yang mencapai lebih dari 3,77 persen.

“Namun masih lebih tinggi dari angka kematian dunia yang berada di 2,88 persen. Ini saya kira tugas besar kita di sini bagaimana rata rata angka kematian itu bisa ditekan terus,” tuturnya.

Laporan yang diterima Presiden RI Jokowi menunjukkan sampai dengan 11 Oktober 2020, rata-rata kasus aktif Covid-19 di Indonesia 19,97 persen.

“Saya kira bagus, karena ini lebih rendah dari rata-rata Covid-19, kasus aktif Covid-19 dunia yang mencapai 22,1 persen," tutur dia.

"Kita lebih baik. Dan juga lebih baik dari, kalau kita lihat di 27 September 2020 yang lalu yang mencapai 22,46. Jadi penurunannya kelihatan sekali dari 22,46 menjadi 19,97 persen,” imbuh Jokowi.

Hal yang juga penting, masih menurut Presiden RI Jokowi, menekan kasus positif Covid-19 dengan terus menyampaikan mengenai kedisplinan dalam protokol kesehatan. ​​​​​​​(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES