Pendidikan UIN Malang

Integrasikan Sains dan Al Quran, UIN Maliki Malang Gelar Webinar Al-Tafsir Al-Ilmi

Senin, 12 Oktober 2020 - 16:14 | 29.07k
Rektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. H. Abdul Haris, M.Ag. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Rektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. H. Abdul Haris, M.Ag. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Masih dalam semarak Dies Maulidiyah ke-54, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang), sebuah webinar bertajuk "Al-Tafsir Al-Ilm: Historis, Metode, Peluang, dan Tantangan" digelar pada Senin (12/10/2020).  .

Acara ini dilaksanakan secara daring oleh UIN Maliki Malang. Para peserta yang hadir di webinar kali ini, mulai dari mahasiswa hingga dosen.

Rektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. H. Abdul Haris, M.Ag pun mengundang beberapa narasumber, yakni Dr. KH. Abdul Ghofur Maimoen, M.A., Dr. KH. Afifuddin Dimyathi, M.A., dan Dr.  Muchlis M. Hanafi, M.A.

Haris mengatakan bahwa tema yang dibawakan pada webinar kali ini, sesuai dengan pengembangan UIN Maliki Malang. Hal ini dikarenakan Al-Tafsir Al-Ilmi merupakan metode penafsiran yang terkandung dalam Al-Quran

"Kita sangat amat perlu meneguhkan kembali terkait konsep ilmu sains dan sosial yang integratif dengan ilmu Al-Quran," ungkapnya

Prof. Tutik Hamidah selaku ketua LPPM UIN Maliki Malang juga mengungkapkan pengembangan ilmu tersebut dapat berada di bawah sinaran ajaran Al-Quran.

"Hal tersebut memang dijalankan karena adanya sebuah amanah khusus untuk UIN Maliki Malang," sambungnya

Rektor UIN Maliki Malang mengutarakan bahwa UIN Maliki Malang akan terus berusaha untuk mengintegrasikan antara ilmu sosial dan ilmu sains dengan ilmu Al-Quran. Webinar "Al-Tafsir Al-Ilm" adalah salah satu bentuknya. "UIN Maliki Malang memiliki visi terwujudnya pendidikan tinggi terintegratif  dengan memadukan sains dan Islam yang bereputasi Internasional," tegasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES