Peristiwa Daerah

Kantor Lama Dinas PUPR Pacitan Akan Dijadikan Karantina Pasien Covid-19

Senin, 12 Oktober 2020 - 15:35 | 96.48k
Suasana Kantor lama Dinas PUPR  Pacitan (Foto: Rojihan/TIMES Indonesia)
Suasana Kantor lama Dinas PUPR Pacitan (Foto: Rojihan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITANPasien Covid-19 di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur beberapa minggu terahir mengalami lonjakan yang signifikan, di samping jumlah kesembuhan pun juga meningkat.

Data terahir saat ini secara akumulatif ada 164 pasien positif Covid-19, meninggal 4 dan sembuh 113 pasien. Namun, petugas kesehatan telah menjalankan swab massal sebanyak 280 orang hasil tracing dari klaster perbankan dan pelaku perjalanan.

Antisipasi melonjaknya pasien positif Covid-19 Pemkab. Pacitan berencana akan tambah tempat karantina untuk pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kantor Bekas PUPR Pacitan yang terletak di Jl. Dwi Sartika no 19 Pacitan.

Sementara ini masih aman tempat karantina kondisi di RSUD Pacitan baru terpakai 8 tempat tidur dari total kekuatan 32 tidur sedangkan di wisma atlet dari total keseluruhan kapasitas 74 namun saat ini baru terpakai 27.

"Artinya masih bisa terkendali. Namun, tadi juga rapat jika terjadi kelonjakan maka kami berencana akan mengunakan Kantor PUPR yang lama," terang Jubir Satgas Covid-19 Pacitan, Rachmad Dwiyanto, Senin (12/10/2020).

Menurut pria yang juga menjabat sebagai kepala Dinas Kominfo Pacitan itu, di tempat baru tersebut bisa menampung sekitar 40an pasien. Bahkan saat ini sudah mulai dipersiapkan. "Hanya untuk berjaga-jaga saja. Jika tempat karantina saat ini yang digunakan penuh,"jelasnya.

Menurutnya ada beberapa permasalahan selama ini terkait Covid-19 di Pacitan salah satunya masyarakat kurang paham dan kurang patuh protokol kesehatan, bahkan sebagian tak percaya dengan adanya Covid-19.

Selain itu Rachmad juga menyebutkan, jika terjadi kelonjakan maka perlu diantisipasi kurangnya tenaga medis di Wisma Atlet Kabupaten Pacitan serta tempat karantina."Secara intern kita sudah rapatkan, mungkin nanti juga akan merekrut relawan tenaga medis,"imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES