Kopi TIMES Universitas Islam Malang

Kebebasan untuk Belajar

Senin, 12 Oktober 2020 - 14:00 | 57.86k
Ganjar Setyo Widodo, Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang (UNISMA).
Ganjar Setyo Widodo, Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang (UNISMA).
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Berbicara kebebasan belajar, salah satu titik terang yang perlu dibaca yaitu karangan Carl Rogers, Freedom to Learn, yang diterbitkan 1969 di kursus Psikologi Pendidikan tingkat atas. Hal besar yang mungkin bisa dipahami bahwa sistem sekolah harus difokuskan untuk membantu pelajar mengembangkan keterampilan tentang bagaimana belajar bukan apa yang harus dipelajari, sesuatu yang sangat kurang di sebagian besar pendidikan tingkat sarjana dan konsep serta tujuan yang sebagai pendidik yang kebanyakan dipegang sejak saat itu.

Rogers (1969) mendaftar lima elemen penentu dari pembelajaran yang signifikan atau berdasarkan pengalaman yaitu 1) Pembelajaran yang signifikan memiliki kualitas keterlibatan pribadi di mana secara keseluruhan baik dalam perasaan dan aspek kognitifnya  harus dilibatkan dalam pembelajaran; 2) pembelajaran harus dimulai sendiri oleh siswa bahkan ketika dorongan atau stimulus datang dari luar, rasa penemuan, menjangkau, menggenggam dan memahami, harus datang dari dalam; 3) Pembelajaran yang signifikan harus membuat perbedaan dalam perilaku, sikap, bahkan mungkin kepribadian pelajar; pembelajaran harus dievaluasi oleh pelajar. Pelajar harus paham apakah pembelajaran sudah memenuhi kebutuhan meraka, mengarah pada apa yang mereka ingin ketahui; 5) terakhir yaitu Esensi dari pembelajaran adalah makna. Ketika pembelajaran terjadi, elemen makna bagi pelajar harus dibangun ke dalam keseluruhan pengalaman.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Sebagai contoh pembelajaran yang signifikan  jenis yang menggambarkan teorinya tentang kebebasan untuk belajar Rogers mengutip catatan informal yang disimpan oleh Barbara J. Shiel, seorang guru, yang karena putus asa dan frustrasi memutuskan untuk mencoba eksperimen drastis dalam mempromosikan pembelajaran eksperiensial di kelas enamnya. Dalam percobaannya Nyonya Shiel memperkenalkan konsep  kontrak kerja . Ketika mereka merasa siap untuk melanjutkan, mereka bebas melakukannya. Mereka mengatur langkah mereka sendiri, mulai dari level mereka sendiri, dan melangkah sejauh yang mereka mampu atau lakukan dengan motivasi diri. Karena evaluasi diprakarsai sendiri dan dihormati oleh guru, siswa tidak perlu menyontek untuk mencapai kesuksesan. Kegagalan hanyalah sebuah kata, bahwa ada perbedaan antara kegagalan dan membuat kesalahan. Kesalahan adalah bagian dari proses pembelajaran.

Manusia memiliki potensi alami untuk belajar.  Mereka ingin tahu tentang dunia mereka, sampai rasa ingin tahu itu tumpul oleh pengalaman mereka dalam sistem pendidikan. Pembelajaran yang signifikan terjadi ketika materi pelajaran dianggap oleh siswa memiliki relevansi untuk tujuannya sendiri. Cara yang lebih formal untuk menyatakan hal ini adalah bahwa seseorang belajar secara signifikan hanya pada hal-hal yang dia anggap terlibat dalam pemeliharaan atau peningkatan kompetensi dirinya sendiri.

Pembelajaran yang dimulai sendiri yang melibatkan seluruh pribadi pelajar, perasaan dan juga intelektua,  adalah pembelajaran yang akan bertahan lama dalam pikiran siswa. Sebuah elemen penting dalam situasi ini adalah bahwa pelajar  tahu  itu adalah pembelajarannya sendiri dan dengan demikian dapat mempertahankan atau melepaskannya dalam menghadapi pembelajaran yang lebih mendalam tanpa harus beralih ke otoritas untuk menguatkan penilaiannya.

Pendidik sangat berkaitan dengan pengaturan suasana hati atau iklim awal dari pengalaman kelas. Pendidik membantu untuk mendapatkan dan memperjelas tujuan dari individu di kelas. Pendidik dapat mengandalkan keinginan setiap siswa untuk melaksanakan tujuan-tujuan yang memiliki arti baginya, sebagai kekuatan motivasi di balik pembelajaran yang signifikan. Pengajar berupaya untuk mengatur dan menyediakan sumber daya pembelajaran seluas mungkin dengan mudah. Pendidik perlu menganggap dirinya sebagai sumber daya yang fleksibel untuk dimanfaatkan oleh kelompok.

Dalam menanggapi ekspresi dalam kelompok kelas, pendidik sebaiknya menerima baik konten intelektual dan sikap emosional, berusaha untuk memberikan setiap aspek perkiraan derajat penekanan yang dimilikinya untuk individu atau kelompok. Ketika iklim kelas penerima menjadi mapan, pendidik dapat semakin menjadi peserta didik, anggota kelompok, mengekspresikan pandangannya sebagai satu individu saja.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Penulis: Ganjar Setyo Widodo, Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang (UNISMA).

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES