Wisata

Patung Ki Begawan Setigi, Ikon Baru Wisata Setigi Gresik

Senin, 12 Oktober 2020 - 16:11 | 274.46k
Patung Ki Begawan Setigi usai diresmikan (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Patung Ki Begawan Setigi usai diresmikan (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIKWisata Setigi (Selo, Tirto, Giri) di Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik Jawa Timur mempunyai ikon baru. Namanya, patung Ki Begawan Setigi. Senin (12/10/2020) tepat pukul 09.45 WIB, tetenger tersebut diresmikan.

Patung setinggi dua meter itu mirip dengan Inisiator Wisata Setigi, Kades Sekapuk Abdul Halim. Pihak manajemen wisata sengaja menghadirkan patung itu sebagai kado ulang tahun sang begawan setigi ke-39.

"Tepat pada Senin legi, hari jadi saya kita resmikan patung ini sebagai harapan generasi yang akan datang tau adanya wisata desa ini merupakan kerja keras dan keringat semua pihak," kata Abdul Halim usia meresmikan.

Selain sebagai tetenger, patung karya Ki Putut Nugroho itu bisa menjadi spot swafoto bagi pengunjung wisata. Diterangkan Halim, butuh waktu 15 hari untuk menyelesaikan karya indah tersebut.

"Tak sekedar menjadi ikon ataupun spot foto, pantung itu ternyata di bangun diatas sisa watu tiban sebagai simbol kekokohan dalam tekadnya untuk melakukan pembenahan dalam mewujudkan kemandirian ekonomi desa," jelas dia.

Lalu ujar Halim, patung itu dibangun menghadap arah matahari terbenam dengan membelakangi arah gerbang masuk di wisata bermaksud menaruh harapan untuk seorang pemimpin harus visioner, dan punya sudut pandang yang jauh kedepan. 

"Pemimpin harus mampu hadir meskipun dalam kondisi gelap, dan juga berperan di balik layar," tambahnya.

Khusus kali ini, manajemen wisata juga membebaskan tiket masuk gratis bagi pengunjung yang lahir pada 12 Oktober. Selain itu, pengunjung yang ulang tahun hari ini juga diberikan oleh-oleh serta jajanan khas Wisata Setigi.

"Ada puluhan orang yang dapat tiket masuk gratis serta mendapat bingkisan dari manajemen, semoga berkah," imbuhnya.

Diuraikan Halim, adanya Wisata Setigi ini merupakan kebanggaan warga. Melalui sektor wisata, Desa Sekapuk bangkit dari desa tertinggal menjadi desa miliarder dengan penghasilan mencapai miliaran rupiah per tahun.

"Kami bersyukur atas pencapaian ini, semoga ke depan bisa lebih baik dan terus berkontribusi membangun desa sehingga masyarakat makmur dan sejahtera," ungkapnya usai meresmikan ikon baru Wisata Setigi di Kabupaten Gresik yakni Patung Ki Begawan Setigi. (*)

Ekoran-Edisi-Selasa-13-Oktoberr-2020-Bengawan-Setigi-Menjaga-Gresik75cfa6aaaa7fb81b.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES