Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Lolos Lomba Riset Kelapa Sawit, Ini yang Diteliti Mahasiswa Biologi Unisma Malang

Senin, 12 Oktober 2020 - 10:57 | 67.85k
Tim Riset Jurusan Biologi Fakultas MIPA Unisma Malang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Tim Riset Jurusan Biologi Fakultas MIPA Unisma Malang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Pandemi covid saat ini tidak mengurungkan prestasi mahasiswa biologi Unisma Malang. Bagaimana tidak, Tim Riset yang diketuai oleh Immega Adelia Nurdin bersama Yulan Hardias Putri, Della Nur Hayati dan Tri Widyaningsih berada di bawah bimbingan Dr. Nurul Jadid Mubarakati, S.Si., M.Si., dosen Jurusan Biologi Fakultas MIPA lolos didanai dalam Lomba Riset Kelapa Sawit Tingkat Mahasiswa Tahun 2020.

Tim Unisma Malang tersebut mengangkat Limbah Cangkang Udang menjadi solusi untuk membasmi jamur Genoderma sp yang selama ini meresahkan para petani Kelapa Sawit. Dana yang didapat dalam Riset kelapa sawit ini cukup besar yaitu sebesar Rp20 juta.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Program Lomba Riset Kelapa Sawit Tingkat Mahasiswa Tahun 2020 yang dibuka dari sejak bulan Juni dan diumumkan pada bulan Agustus ada 837 Pendaftar hanya 30 Proposal yang didanai dan Penelitian ini dilakukan dari bulan September 2020 sampai bulan April 2021. Program Lomba Riset Kelapa Sawit ini diadakan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) berada dibawah naungan Kementrian Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

Dalam  proses budidaya Tanaman kelapa sawit, salah satu  hambatan yang hingga saat ini belum teratasi adalah Busuk Pangkal Batang (BPB) yang disebabkan Jamur Ganoderma sp. Jamur Ganoderma sp. merupakan penyebab penyakit Busuk Pangkal Batang (BPB) Tanaman Kelapa Sawit sehingga perlu adanya pengaplikasian terbaru ramah lingkungan dan ekonomis.

Sebagai salah satu inovasi Ilmiah yang dapat bermanfaat untuk keberlanjutan Produksi Kelapa Sawit, Immega dan tim berharap dapat menghasilkan kapsul nanokitin yang berpotensi sebagai agen pengendali Jamur Ganoderma sp. pada perkebunan kelapa sawit sehingga dapat terus dikembangkan dan dapat digunakan dimasa depan. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Tri Widyaningsih, Mahasiswa Tim Riset Universitas Islam Malang (UNISMA)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES