Wisata

Menikmati Suasana Agrowisata di Kebun Jeruk Indramayu

Senin, 12 Oktober 2020 - 00:32 | 191.21k
Para pengunjung sedang memetik jeruk di agrowisata Desa Segeran Indramayu. (Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
Para pengunjung sedang memetik jeruk di agrowisata Desa Segeran Indramayu. (Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Meskipun Indramayu dikenal dengan hasil buah mangganya, namun tidak menutup kemungkinan jika Indramayu menghasilkan komoditi buah lain, yakni jeruk. Bahkan, ada agrowisata kebun jeruk di Indramayu. Agrowisata itu berada di Desa Segeran dan Desa Segeran Kidul, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu.

Di tempat agrowisata ini, pengunjung bisa berwisata sambil memetik jeruk langsung dari pohonnya, bahkan makan jeruk sepuasnya.

Pengelola Agrowisata Jeruk Segeran, Taufiqurrohman menyatakan agrowisata ini sengaja dirintis oleh swadaya masyarakat sejak tahun 2017 lalu. Hal ini dikarenakan Jeruk Segeran adalah salah satu jeruk yang unik di Indonesia.

Karena itu, Jeruk Segeran menjadi keunikan tersendiri di agrowisata ini. "Jeruk ini hanya bisa tumbuh subur di desa setempat. Makanya unik dari lainnya," jelasnya, Minggu (11/10/2020).

Jeruk Indaramayu

Taufiq menjelaskan, pengunjung yang datang ke lokasi agrowisata ini boleh memetik langsung jeruk dari pohonnya. Hal ini merupakan ikhtiar masyarakat di Desa Segeran dan Desa Segeran Kidul untuk memangkas tengkulak.

Selain memetik jeruk, lanjut Taufiq, pengunjung juga bisa bersantai sambil menggelar tikar bersama keluarga maupun sahabat menikmati Jeruk Segeran. Selain itu, mereka juga bisa berselfie ria di kebun seluas 11 hektare yang dipenuhi pohon jeruk.

Sebelum masa pandemi Covid-19, Taufiq mengaku jika para pengunjung yang datang ke Agrowisata Petik Jeruk Segeran bisa mencapai ribuan orang, terutama di akhir pekan dan musim liburan.

Namun di masa pandemi ini, pengelola melakukan pembatasan pengunjung untuk menghindari penyebaran Covid-19. "Kita batasi pengunjung, yaitu hanya setengahnya saja," ujar dia.

Untuk menikmati agrowisata kebun jeruk Indramayu ini, pengunjung cukup membayar tiket masuk seharga Rp 15 ribu per orang, dan sudah bisa menikmati jeruk yang baru dipetik langsung dari pohonnya sepuasnya. "Harga Rp 15 ribu ini untuk kompensasi istilahnya setelah mereka makan sepuasnya," ujarnya. (*)

Ekoran-12-10-2020-jeruk-di-agrowisata-Desa-Segeran-Indramayu.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES