Kesehatan 3M Lawan Covid

Usia 60 Tahun ke Atas Rentan Terinfeksi Covid-19, Ini Tipsnya Agar Tak Terpapar

Minggu, 11 Oktober 2020 - 15:34 | 172.41k
ILUSTRASI. (FOTO: Merdeka)
ILUSTRASI. (FOTO: Merdeka)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Pada usia lanjut 60 tahun ke atas, diketahui akan mudah terinfeksi Covid-19. Pasalnya, anga kematian yang terpapar Virus Corona tersebut lebih tinggi dari angka usia dewasa.

“Di Kabupaten Probolinggo sendiri angka kematian lansia akibat corona mencapai 52 persen,” uangkap Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica.

Kenapa lansia lebih mudah atau rentan terpapar Covid-19? Dewi menjelaskan, karena seorang lansia sudah memiliki penyakit lain (komorbid) antara lain penyakit paru, jantung, ginjal, diabetes, darah tinggi dan pada lansia juga terjadi penurunan sistem imun tubuh karena penuaan.

Dewi menyarakan beberapa tips untuk lansia, agar mengurangi risiko terpapar dari Covid-19, diantaranya tidur/istirahat cukup, berpikiran positif/optimis untuk mencegah depresi, latihan/olahraga cukup di rumah saja, makan dengan gizi seimbang, distancing (jaga jarak kurang 2 meter), tingkatkan komunikasi via teknologi dengan keluarga/teman serta keluarga memastikan lansia minum obat teratur.

Selain itu, pergi/hubungi layanan kesehatan jika ada gejala sesak nafas, demam, asupan makanan menurun atau lemas sepanjang waktu, keluarga/kerabat yang memiliki aktivitas dan berisiko terpapar Covid-19 tidak boleh mendekati lansia serta ajak lansia melakukan kegiatan yang menyenangkan, membaca, merawat tanaman di sekitar rumah dan lain-lain.

Selanjutnya, jauhi keramaian, perkumpulan, kegiatan sosial misal arisan, reuni dan lain-lain, rutin cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, memesan makanan/obat melalui keluarga/online, berjemur 2-3x seminggu serta jaga kondisi lingkungan yang bersih, aman, nyaman dan ventilasi dan cahaya matahari cukup.

“Itulah alasan kenapa lansia sangat mudah terpapar Covid-19. Tips ini mungkin bukan untuk anda (sekarang), tapi setidaknya bisa bermanfaat untuk orang tua, saudara, tetangga atau sahabat. Keluarga sayangi lansia, keluarga bahagia. Semoga semua di Kabupaten Probolinggo, tetap sehat dengan menerapkan protokol kesehatan,”papar Dewi. (*)

Pesan Redaksi:

Mari bersama-sama melawan Covid-19. TIMES Indonesia mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan gerakan 3M Lawan Covid, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun sehari-hari. Ingat pesan Ibu, pakai masker, selalu cuci tangan dan selalu jaga jarak serta hindari kerumunan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES