Gaya Hidup

Hobi Koleksi Tanaman Hias, Wanita Jombang Raih Keuntungan Jutaan Rupiah

Minggu, 11 Oktober 2020 - 15:00 | 163.29k
Lailatul Jihan dengan koleksi tanaman hiasnya. (Foto: Rohmadi/TIMES Indonesia)
Lailatul Jihan dengan koleksi tanaman hiasnya. (Foto: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Berawal dari hobi mengoleksi tanaman hias Lailatul Jihan (25) warga Dusun Dukuhsari Desa Janti Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang raih keuntungan jutaan rupiah.

Jihan, sapaan akrabnya mengaku telah hobi dan gemar dengan tanaman hias sejak ia masih kecil. Terinspirasi dari orang tuanya yang sejak dari tahun 1999 telah mengoleksi tanaman hias yang banyak ditanam di samping dan belakang rumah.

Tanaman-Hias-2.jpg

"Sejak kuliah kisaran tahun 2014/2015 sudah mulai suka, mungkin karena lingkungan organisai yang dulu saya ikuti impecta jadi punya rasa ketertarikan yang berbau tanaman dan alam. Walau awalnya cuma bisa nyiram dan nyawang saja," ungkapnya kepada TIMES Indonesia, Minggu (11/10/2020).

Kini ia mulai menekuni dan membudidayakan tanaman-tanaman hias. Sudah berbagai macam tanaman hias yang ia koleksi dan budidayakan sendiri mulai dari bonsai, aglonema, sensivera, philo, anthorium, sirih sirihan, dll.

"Mulai tahun 2020 sejak pandemi Covid, baru saya benar-benar bukan sekedar cuma nyiram dan nyawang. Saya bisa membudidayakan dan menjual tanaman ini," kata Jihan.

Tanaman-Hias-3.jpg

Kini wanita kelahiran Jombang, 19 Februari 1995 ini bisa meraih manis dari hobinya tersebut. Ia bisa menjual hasil koleksi tamanan yang ia budidaya sendiri dari harga 10 ribu hingga 5 juta pertanamannya.

"Saya cuma sekedar hobi saja. Tapi jika ada yang mau beli ya saya kasihkan. Jadi kalau pas ada tanaman bagus dan lebih ya dijual lumayan buat kebutuhan dapur atau diputerin biar bisa beli jenis yang lain," jelasnya.

Jihan mengatakan hobi tanaman hias dimasa Covid-19 merupakan suatu hal yang positif. Tapi untuk teman-teman yang punya hobi dengan tanaman hias, terutama untuk pemula dan masih baru banget mengenal tanaman hias, ia berpesan jangan langsung beli yang mahal-mahal atau nurutin yang lagi viral.

"Masa pandemi harus bisa bijak pakai uang untuk apa, jangan sampai hanya sekedar nurutin yang lagi viral saja. Beli yang murah saja dulu sambil mulai belajar cara ngeramutnya gimana, yang penting hobi tersalurkan," pungkasnya mengenai sedikit ceritanya hobi merawat tanaman hias hingga bisa mengkasilkan keuntungkan jutaan rupiah. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES