Gaya Hidup 3M Lawan Covid

Vitamin C Melimpah, 6 Buah ini Mampu Jaga Imunitas Tubuh di Masa Pandemi

Minggu, 11 Oktober 2020 - 09:06 | 72.94k
Ilustrasi.
Ilustrasi.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ingat pesan ibu, mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker adalah cara untuk mencegah penularan covid- 19. Tak itu saja, kita juga harus jaga imunitas tubuh dengan mengonsumsi buah.

Para ahli gizi sangat merekomedasikan buah yang mengandung vitamin C. Vitamin C disebut dapat membantu dalam meningkatkan imunitas dan metabolisme. Tak itu saja, vitamin C dapat melindungi tubuh dari beberapa penyakit lainnya.

Nah buah apa sajakah yang kaya vitamin C?

1. Lemon

Bukan rahasia lagi, buah ini kaya akan vitamin C dan asam sitrat. Selain meningkatkan imun, mencegah penyakit, minum jus lemon dengan air hangat dan madu juga ampuh menurunkan berat badan.

2. Jambu biji

Tak hanya punya vitamin C yang melimpah, jambu biji juga kaya serat dan mineral seperti kalium yang membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh serta menjaga beberapa penyakit. Nutrisi dalam jambu biji membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi kadar gula.

3. Pepaya

Pepaya juga mengandung aktioksidan, sehingga mampu detoksifikasi tubuh dan mengembalikan kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif. Pepaya juga membantu regenerasi sel.

4. Paprika

Paprika adalah sumber vitamin C, E, A, serat dan mineral seperti folat dan kalium. Folat membantu dalam meningkatkan hemoglobin dan selanjutnya membantu penyerapan zat besi selama proses pemecahan molekul makanan selama pencernaan.

5. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C, serat dan mineral seperti tiamin dan kalium. Jeruk juga punya indeks glikemik yang rendah. Karena itu sangat cocok untuk penderita diabetes yang ingin mengontrol berat badan. 

6. Amla 

Amla atau buah malaka, disebut juga Indiangooseberry, adalah sumber yang kaya vitamin C, zat besi, folat dan kaya antioksidan. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Contemporary Clinical Trials Communications 2020 baru-baru ini, diketahui bahwa antioksidan dalam amla secara substansial dapat mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif dan meningkatkan fluiditas darah dalam tubuh.

Jangan malas makan buah ya, karena buah berperan penting menjaga imunitas tubuh terutama di masa pandemi seperti saat ini. (*)

 

Pesan Redaksi:

Mari bersama-sama melawan Covid-19. TIMES Indonesia mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan gerakan 3M Lawan Covid, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun sehari-hari. Ingat pesan Ibu, pakai masker, selalu cuci tangan dan selalu jaga jarak serta hindari kerumunan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES