Kesehatan

Skipping, Olahraga Sederhana Banyak Manfaat

Minggu, 11 Oktober 2020 - 05:26 | 647.88k
ILUSTRASI - Olahraga Skipping. (FOTO: DokterSehat)
ILUSTRASI - Olahraga Skipping. (FOTO: DokterSehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTAOlahraga skipping atau bisa disebut olahraga lompat tali sangat mudah dilakukan. Olahraga ringan ini tidak memerlukan banyak biaya dan bisa dilakukan dimana saja. Meski terlihat sederhana, skipping memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat yang diperoleh dari olahraga skipping.

1. Menurunkan Berat Badan

Melakukan skipping sekitar satu jam mampu membakar kalori dalam tubuh hingg kurang lebih 1000 kalori. Skipping mampu membakar lemak dalam tubuh yang kemudian dikeluarkan bersama keringat. Olahraga sederhana ini dapat dilakukan untuk membantu proses diet.

2. Mengencangkan Otot

Skipping juga dapat membantu mengencangkan otot jika dilakukan secara teratur. Otot dapat semakin kencang sebagai efek lompatan tersebut, terutama otot kaki dan otot bagian bawah tubuh lainnya. Tak hanya otot bagian kaki dan bagian bawah lainnya, otot bagian atas seperti lengan dan bahu pun mendapatkan manfaatnya, hal ini dikarenakan tangan adalah sebagai poros dari putaran tali.

3. Menambah Tinggi Badan

Masa remaja adalah masa pertumbuhan dimana seseorang mampu tumbuh mendapatkan tinggi ideal. Skipping dapat membantu menambah tinggi badan, karena itu skipping sering dijadikan salah satu program bagi banyak remaja dalam hal meninggikan badan.

4. Meningkatkan Fertilitas

Ketidakteraturan pola menstruasi adalah salah satu permasalah ringan yang terjadi pada organ reproduksi wanita. Selain itu masalah kesulitan mendapatkan keturunan dan lain-lain. Ternyata, skipping adalah olahraga yang berfungsi membantu memperbaiki fungsi reproduksi termasuk meningkatkan fertilitas.

5. Mencegah Osteoporosis

Olahraga skipping yang dilakukan secara rutin akan sangat bermanfaat untuk mencegah osteoporosis di kemudian hari. Skipping mampu meningkatkan kualitas atau kepadatan tulang seseorang, sehingga skipping sangat berguna untuk mengurangi resiko terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

6. Meningkatkan Stamina

Skipping yang dilakukan secara teratur mampu meningkatkan stamina tubuh, serta kelenturan tubuh. Tidak hanya itu saja, lompatan yang dilakukan juga mampu meningkatkan keseimbangan tubuh kita.

7. Meningkatkan Kinerja Otak

Pada dasarnya olahraga skipping adalah hasil kombinasi dari irama gerakan lompatan dan ketepatan waktu dalam melewati rintangan berupa putaran tali. Hal ini berarti membuat otak bekerja lebih cepat dan tepat dalam hal mengkalkulasikan gerakan melompat yang dilakukan dan waktu yang tepat untuk melompat melewati tali yang berputar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES