Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Begini Cara UKM PSMBA Unisma Malang Tingkatkan Skill Anggota

Sabtu, 10 Oktober 2020 - 14:00 | 71.79k
Pemaparan materi oleh Narasumber Baha’udin Soebidjo, S.Pd, Alumni UKM PSMBA (kiri), Pemaparan materi oleh Narasumber Andi Retno Warsyah, S.Pd. (kanan)
Pemaparan materi oleh Narasumber Baha’udin Soebidjo, S.Pd, Alumni UKM PSMBA (kiri), Pemaparan materi oleh Narasumber Andi Retno Warsyah, S.Pd. (kanan)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Unit Kreativitas Mahasiswa Paduan Suara Mahasiswa ‘’Bunga Almamater’’ Unisma Malang telah menggelar Pelatihan Organisasi, Marketing dan, Public Speaking yang dimoderatori oleh Nova Widia Ningsih di platform via online zoom, Sabtu (25/7/2020).

Tahun ini, Pelatihan Organisasi, Marketing, dan public Speaking mengambil tema “Menciptakan Organisasi yang Administratif dengan Mengembangkan Skill Marketing dan Public Speaking” yang memang disesuaikan dengan tujuan diadakannya acara ini.

Acara ini diselenggarakan untuk membekali ilmu keorganisasian terutama untuk anggota PSMBA angkatan 24 agar memiliki gambaran mengenai organisasi di PSMBA itu sendiri.

Dalam sambutannya, ketua umum PSMBA Unisma yakni Maulana Wildan Naufal menjelaskan bahwa  kegiatan ini berguna untuk meningkatkan keterampilan anggota dalam berorganisasi serta kegiatan ini merupakan suatu dasar atau pondasi utama yang harus diketahui, dipahami dan juga diterapkan dalam kehidupan berorganisasi nantinya.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Materi pertama tentang marketing dan public speaking disampaikan oleh Alumni UKM PSMBA yakni Baha’udin Soebidjo, S.Pd. Beliau memberikan penjelasan tentang dunia marketing dan bagaimana cara mengambil peluang usaha untuk seorang pemula wirausahawa juga memberikan cara bermarketing yang bagus yaitu dengan menentukan target customer yang tepat terlebih daluhu dilanjutkan dengan pengembangan produk ataupun jasa yang sudah kita ketahui dan juga pahami sebelumnya yang akan kita pasarkan ke lingkungan masyarakat.

Beliau juga mengutarakan beberapa dasar tentang marketing yaitu self confidence, product knowledge, appearance, dan public speaking. Dari ke-empat dasar marketing tersebut harus saling berkesinambungan supaya bisa menghasilkan marketing yang baik.

Public speaking merupakan salah satu hal utama dalam bermarketing, yang mana hal ini sangat bermanfaat dalam kehidupan terutama hal komunikasi dalam bermarketing. Baha’udin mengutarakan bahwa terdapat empat hal yang harus dipelajari ketika berbicara di depan umum yaitu bercerita, kuasai panggung, tatap audience, dan bersemangat. Hal-hal tersebut merupakan kunci utama untuk bisa melakukan dan memperoleh good public speaking.

Dilanjutkan dengan Pendidikan dan Pelatihan Organisasi yang disampaikan oleh penasihat PSMBA yakni Andi Retno Warsyah, S.Pd. Beliau menyampaikan bagaimana alur berorganisasi yang benar serta memaparkan beberapa karakteristik budaya dalam berorganisasi.

Seluruh peserta Pelatihan Organisasi, Marketing, dan Public Speaking sangat antusias dalam forum ini. Dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh beberapa peserta yang telah menyimak materi-materi yang telah disampaikan oleh mas Baha’udin dan juga Bapak Andi selaku pemateri.

Disetiap berakhirnya materi yang disampaikan terdapat sesi tanya jawab yakni pada kesempatan ini diberikan tiga pertanyaan untuk setiap materi. Pertanyaan - pertanyaan yang dilontarkan yaitu  mengenai materi Marketing dan Public Speaking serta Pendidikan dan Pelatihan Organisasi. Kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama dengan panitia, peserta, para undangan, serta pemateri.

Berakhirnya acara Pelatihan Organisasi, Marketing, dan Public Speaking yang digelar Unit Kreativitas Mahasiswa Paduan Suara Mahasiswa ‘’Bunga Almamater’’ Unisma Malang ini diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang tangguh, tersruktur dalam berorganisasi, menjadi good public speaking serta dapat menjalankan keorganisasian dengan baik. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES