Pendidikan

Ada Pustaka Pohon Bambu di Kalikajar Wetan Probolinggo, Intip Yuk!

Sabtu, 10 Oktober 2020 - 13:22 | 93.31k
Anak-anak Desa Kalikajar Wetan, Paiton, Probolinggo melihat koleksi buku di Pustaka Pohon Bambu (foto: Saifullah/TIMES Indonesia)
Anak-anak Desa Kalikajar Wetan, Paiton, Probolinggo melihat koleksi buku di Pustaka Pohon Bambu (foto: Saifullah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Mereka menyebutnya Pustaka Pohon Bambu. Sebuah perpustakaan di sebuah rumah di Desa Kalikajar Wetan, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Rak buku terbuat dari bambu. Banyak sekali. Rak dibentuk mirip pohon. Bercabang-cabang. Setiap cabang didesain menjadi rak buku. Di tempat itulah, koleksi buku dipajang.

Bambunya tidak beli. Di Desa Kalikajar, banyak sekali pohon bambu. Warga setempat pemilik pohon bambu, menyumbangkannya kepada sekelompok remaja pegiat literasi. Kemudian Senin (5/10/2020) pagi, remaja ini menebangnya. Kemudian disulap menjadi rak buku.

Pustaka Pohon Bambu ini berada di Dusun Krajan, Desa Kalikajar Wetan, Paiton. Tepatnya di rumah Saifullah, penulis Biografi KH. Badri Masduqi yang diterbitkan LKiS, Yogyakarta.

Di tempat itu, anak-anak dan remaja desa setempat menghabiskan waktu. Melihat koleksi buku, juga membuka lembar demi lembar halaman di dalammya.

"Pegiat literasi diharap melestarikannya serta mengembangkan di rumah-rumah warga. Terutama pelajar yang berada di desa," kata Saifullah kepada TIMES Indonesia.

Embrio Pustaka Pohon Bambu ini berawal dari obrolan 25 remaja desa, malam di akhir September lalu. Di teras rumah, mereka berbicara serius. Tentang harapan terbentuknya kampung literasi.

Malam itu, 25 remaja tersebut bertekad menjadi penggerak kampung literasi yang diharapkan. Mereka berkoordinasi dengan tokoh masyarakat desa setempat, perangkat desa hingga pengelola Perpustakaan Daerah atau Perpusda Kabupaten Probolinggo.

Semua dilakukan demi terwujudnya kampung literasi yang mereka inginkan. Perpusda Kabupaten Probolinggo merespon positif niat baik komunitas ini dan berkunjung ke Kalikajar Wetan.

Kehadiran Pustaka Pohon Bambu ini, melengkapi akses informasi bagi masyarakat desa Probolinggo. Kemudian dengan informasi tersebut diharap bisa mengubah hidup menjadi lebih baik. Sejak 2017, sedikitnya ada 25 perpusdes berdiri di Kabupaten Probolinggo dengan pendampingan Perpusdes setempat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES