Gaya Hidup 3M Lawan Covid

Mendadak Jadi Tren, Ini Tips Aman Berkemah saat Pandemi

Sabtu, 10 Oktober 2020 - 13:03 | 58.62k
Ilustrasi berkemah.
Ilustrasi berkemah.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menghirup udara bebas dan menikmati pemandangan alam dinilai dapat mengurangi stres. Maka tak heran jika berkemah kini menjadi tren baru. Tapi apakah aman jika berkemah saat pandemi?

Selama Anda mematuhi protokol kesehatan, kegiatan outdoor seperti berkemah aman-aman saja. Nah berikut tips aman berkemah di masa pandemi.

Pilih area perkemahan yang sepi
Area perkemahan yang sepi meminimalisir kita dari penularan covid- 19. Pilih lokasi yang tidak banyak orang tahu. Jika sampai di okasi perkemahan ternyata banyak yang berkemah, maka pasang tenda yang jauh dari kerumuman. 

Berkemah dengan kelompok kecil
Salah satu protokol kesehatan yang harus dipatuhi adalah hindari kerumunan. Jadi sebaiknya Anda mengajak kelompok kecil saat berkemah. Keluarga inti sangat dianjurkan, karena kita tahu persis riwayat kesehatan keluarga.

Tak perlu membuat api unggun
Api unggun sepertinya sudah menjadi agenda wajib saat berkemah. Namun di masa pandemi seperti saat ini, sebaiknya Anda tak perlu membuat api unggun. Asap dari api unggun dapat merangsang gangguan pernapasan. 
Jika memang ingin membuat api unggun, tentukan arah angin, untuk menghindari asap.

Membawa peralatan wajib saat pandemi
Selain perlengkapan berkemah, bawa juga perlengkapan wajib saat pandemi. Seperti masker, handsanitizer, tisu basah. Saat pandemi, mencuci tangan adalah hal wajib. Nah selama berkemah atau beraktifitas di ruang terbuka tentunya akan lebih sering lagi mencuci tangan. Handsanitizer akan sangat membantu, jika lokasi anda berkemah jauh dari sumber air. 

Jangan berbagi makanan atau minuman 
Berkemah saat pandemi membuat kita harus tegas. Jika Anda berkemah dengan kawan-kawan, hindari penggunaan alat makan yang sama atau berbagi makanan dalam satu piring, berbagi minuman pada satu gelas. Tak mengapa jika Anda disebut pelit sebab langkah ini sebagai bentuk antisipasi kita untuk penularan virus. (*)

 

Pesan Redaksi:

Mari bersama-sama melawan Covid-19. TIMES Indonesia mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan gerakan 3M Lawan Covid, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun sehari-hari. Ingat pesan Ibu, pakai masker, selalu cuci tangan dan selalu jaga jarak serta hindari kerumunan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES