Peristiwa Nasional Bencana Nasional Covid-19

Doni Monardo Sesalkan Adanya Demo di Tengah Wabah Covid-19

Sabtu, 10 Oktober 2020 - 12:13 | 63.68k
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo. (FOTO: covid19.go.id)
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo. (FOTO: covid19.go.id)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Satgas Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo mengatakan, tak seharusnya terjadi unjuk rasa disaat wabah Covid-19 masih melanda.

Hal itu dikatakannya dalam bincang-bincang khusus 'Media Bertanya, Doni Monardo Menjawab' di Media Center Satgas Covid-19 Graha BNPB Jakarta

"Ingat, mereka yang mengabaikan protokol kesehatan sehingga menimbulkan korban jiwa bukan hanya dimintai pertanggungjawaban di dunia, tetapi juga di akhirat," katanya.

Sebab unjuk rasa tersebut, dari data beberapa kepolisian daerah ditemukan ada yang reaktif setelah dilakukan rapid test. Ada juga kepolisian daerah yang melakukan pemeriksaan dengan swab antigen hasilnya positif Covid-19.

Menurutnya, yang berbahaya bukan pasien Covid-19 yang sudah sembuh, melainkan orang positif yang belum melakukan pemeriksaan atau yang biasa disebut orang tanpa gejala (OTG).

Nah, begitu tiba di rumah usai aktivitas di luar, termasuk demo, tanpa sengaja OTG ini dapat menulari keluarga terdekat lain, terutama orangtua yang memiliki penyakit penyerta (komorbid). Seperti diketahui kaum lansia dan komorbid sangat rentan tertular virus Covid-19.

"Ini harus disampaikan pada publik agar menghindari aktivitas berkerumun, hindari yang menyebabkan mengancam keselamatan diri sendiri, apalagi orang lain," ujarnya.

Seperti yang diketahui, dari tanggal 8 hingga 9 Oktober kemarin memang aksi demo terjadi dibanyak daerah. Demo tersebut yakni keberatan atas UU Cipta Kerja.

Demo tersebut memang sangat berpotensi menyebabkan penularan Covid-19 yang lebih luas dikarenakan sudah tak bisa mengontrol protokol kesehatan. Seperti yang dikatakan Ketua Satgas Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES