Pemerintahan

Bupati Sri Purnomo: Pemkab Sleman Siap Realisasikan Elektronifikasi Transaksi Pemda

Sabtu, 10 Oktober 2020 - 10:07 | 44.28k
Bupati Sleman Sri Purnomo menghadiri acara Sinergi Akselerasi Elektronifikasi Transaksi Pemda dan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di The Alana Hotel, Jalan Palagan, Sleman. (FOTO: Pemkab Sleman for TIMES Indonesia)
Bupati Sleman Sri Purnomo menghadiri acara Sinergi Akselerasi Elektronifikasi Transaksi Pemda dan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di The Alana Hotel, Jalan Palagan, Sleman. (FOTO: Pemkab Sleman for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SLEMAN – Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan, untuk memperluas akseptasi dan mempercepat digitalisasi transaksi ekonomi dan efisiensi pengelolaan fiskal daerah. Pemkab Sleman telah bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) DIY.

Kerja sama itu adalah dengan menggelar kegiatan yang Sinergi Akselerasi Elektronifikasi Transaksi Pemda dan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD). Acara tersebut diselenggarakan di The Alana Hotel, Jalan Palagan, Sleman.

Menurutnya, Pemkab Sleman telah berkomitmen melaksanakan dan merealisasikan elektronifikasi transaksi Pemda. Hal ini dibuktikan dengan Instruksi Bupati Sleman Nomor 02 Tahun 2017 Tentang Pelaksanaan Transaksi Nontunai.

Instruksi Bupati tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran mendagri Nomor 910/1867/SJ tentang Implementasi Transaksi Non Tunai Pada Pemerintah Daerah serta pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi.

Kecepatan perkembangan layanan digital ini harus direspon oleh Pemerintah daerah dalam berbagai bentuk kebijakan.

Penerapan Elektronifikasi Transaksi Pemda bagi Pemkab Sleman akan meningkatkan efisiensi dan transparansi, meningkatkan tata kelola keuangan daerah yang lebih baik, mendorong govemment spending dan optimalisasi perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Sedangkan bagi masyarakat, penerapan Elektroniikasi Transaksi Pemda memberi kemudahan dalam melakukan pembayaran pajak. Demi tercapainya tujuan tersebut," terang Sri Purnomo dalam keterangan pers kepada TIMES Indonesia, Sabtu (10/10/2020).

Ia menambahkan, Pemkab Sleman telah melakukan sejumlah upaya. Antara lain, memperluas kanal pembayaran digital untuk penerimaan pendapatan pajak dan retribusi daerah Sleman melalui kolaborasi BPD DIY dengan Fintech Go-Pay.

Disamping itu, Pemkab Sleman juga berupaya mendorong perluasan implementasi Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) untuk memperluas akseptasi dan menjamin interoperabilltas transaksi digital.

"QRIS telah dimanfaatkan di sejumlah sektor untuk mendorong UMKM go digital. Fleksibilitas dan terjangkaunya QRIS juga telah dioptimalkan untuk penerimaan pendapatan daerah maupun layanan kepada konsumen," terang Sri Purnomo.

Kepala Perwakilan BI DIY Hilman Tisnawan menerangkan, Pemkab Sleman terbilang cepat, dan termasuk Pemda yang mengawali pengimpletasian program ini. Pemkab Sleman telah menjadi contoh serta rujukan bagi daerah lain.

Sebab itu, ia berharap kepada Pemkab Sleman di tahun 2021 nanti seluruh transaksi dilakukan secara cashless. "Jadi untuk pak Sekda tidak ada pilihan lagi, di tahun 2021 harus cashless pak. Bukan lesscash lagi, tapi cashless", pesan Hilman Tisnawan pada Sekda Sleman, Harda Kiswaya.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan piagam penghargaan dari Bupati Sleman kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman, atas pencapaian elektronifikasi transaksi Pemerintah Daerah terinovatif tahun 2020.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kepala Disperindag Sleman, Mae Rusmi Suryaningsih.

Focus Group Discussion (FGD) Sinergi Pengembangan, Inovasi dan Percepatan Program Digitalisasi Daerah dengan narasumber dari BPD DIY digelar sebagai acara penutup dalam rangkaian kegiatan Pemkab Sleman kali ini. Peserta FGD dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan substansi materinya, meliputi Materi Makro, Materi Kebijakan, dan Materi Praktis. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES