Pendidikan 3M Lawan Covid

Ini 10 Game Seru Berisi Edukasi Covid-19 Pemenang Lomba Gelora 2020  

Sabtu, 10 Oktober 2020 - 07:46 | 202.99k
Si Juki Warteg Gaya Baru, sebuah game mengenai cara mencegah dan menanggulangi pandemi Covid-19. (foto: Kemenparekraf RI)
Si Juki Warteg Gaya Baru, sebuah game mengenai cara mencegah dan menanggulangi pandemi Covid-19. (foto: Kemenparekraf RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKemenparekraf RI (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) mengumumkan 10 game edukasi covid-19 yang keluar sebagai pemenang dalam program “Game Lokal Kreasi Indonesia (Gelora) 2020”.

Direktur Direktur Industri Film, Televisi dan Animasi Kemenparekraf/Baparekraf, Syaifullah, dalam keterangannya, Jumat (9/10/2020), menjelaskan program yang dilaksanakan bekerja sama dengan Asosisasi Game Indonesia (AGI) ini adalah program stimulus bagi pelaku ekonomi kreatif subsektor pengembangan permainan berupa kampanye bersama dalam memberikan sosialisasi, edukasi, pencegahan, dan penanggulangan wabah COVID-19.

Game-Covid-3.jpg

“Program ini bertujuan untuk memfasilitasi para pengembang game lokal di Indonesia dalam mewujudkan ide pengembangan game terkait penanganan pandemi wabah COVID-19,” kata Syaifullah.

Syaifullah mengatakan program ini diikuti oleh sembilan game developer asal Tanah Air. Yaitu, CIAYO Games, Educa Studio, GINVO Studio, Megaxus Infotech, SLAB Games, Yayasan Teknologi untuk Indonesia, Wisageni Studio, Anoman Studio, dan Arsanesia.

“Kita berharap dengan adanya intervensi ini akan semakin menggairahkan para developer game Indonesia untuk menghasilkan karya-karya terbaiknya untuk membantu pemerintah dalam usaha sosialisasi pencegahan dan penanggulangan COVID-19,” ungkap Syaifullah.

Adapun ke-10 game ini dapat diunduh oleh masyarakat Indonesia secara gratis di Google Play Store. “Selain itu, game-game ini tidak memiliki sistem monetisasi apapun baik iklan maupun in-app purchase agar bisa membawa pesan sosialisasi ini dengan lebih maksimal,” katanya.

Berikut ke-10 game yang keluar sebagai pemenang dalam program “Gelora 2020”:

1. CHIPS: Corona Invasion (CIAYO Games)
Link Download Disini

Game CHIPS: Corona Invasion adalah sebuah game shooter yang menempatkan pemain sebagai CHIPS, karakter ikonik dari CIAYO Games. Dalam game ini, pemain harus menembaki virus-virus yang ada di sepanjang jalan. Terdapat power up untuk meningkatkan kekuatan CHIPS.

2. Jakarta 2020 (CIAYO Games)
Link Download Disini

Jakarta 2020 adalah sebuah game yang menguji pengambilan keputusan pemain. Di game ini, pemain akan dihadapkan dengan berbagai situasi yang ada di kehidupan sehari-hari, dan keputusan yang diambil pemain (dengan cara swipe ke kanan atau ke kiri) akan mempengaruhi ending yang akan didapatkan. Semua situasi yang dihadapkan ke pemain adalah situasi yang jamak ditemui sehari-hari di masa pandemi COVID-19, sehingga bisa memberikan edukasi kepada pemain. 

3. Marbel Kebiasaan Baru (Educa Studio)
Link Download Disini

Game-Covid-2.jpg

Marbel merupakan game yang berisi permainan terkait COVID-19. Kebiasaan Baru adalah seri terbaru dari Mari Belajar (Marbel) yang menjadi andalan dari Educa Studio. Ditargetkan untuk anak-anak dan game ini memberikan tiga konten edukasi dalam tiga mini game yang ditawarkan yaitu menggunakan masker dengan benar dalam Jahit Masker, cuci tangan yang benar sesuai dengan imbauan dari WHO dengan enam langkah, serta New Normal yang menghadapkan anak pada situasi-situasi adaptasi kebiasaan baru seperti jaga jarak di tempat umum. 

4. Anti Spread (GINVO Studio)
Link Download Disini

Anti Spread adalah sebuah game hyper casual yang sekaligus memberikan edukasi pentingnya jaga jarak untuk meminimalisir penyebaran COVID-19. Dalam game ini, pemain diharuskan menggeser-geser karakter yang ada di layar agar tidak saling berdekatan dan tertular virus. Terdapat power up yang bisa digunakan untuk memperkuat imunitas pemain atau menyembuhkan pemain yang sudah terinfeksi virus.

5. Warteg Gelora: Anti Covid (Megaxus Infotech)
Link Download Disini

Warteg Gelora: Anti Covid adalah sebuah game manajemen waktu yang menempatkan pemain sebagai pemilik warung sederhana. Meskipun warungnya sederhana, namun warung ini memberikan edukasi pentingnya protokol kesehatan dalam pencegahan COVID-19 mulai dari cek suhu tubuh, jaga jarak saat antri dan makan, cuci tangan, dan membersihkan meja dengan disinfektan setelah digunakan. 

6. Aku Sehat SIM (SLAB Games)
Link Download Disini

Aku Sehat SIM adalah sebuah game simulasi mirip tamagotchi dimana pemain diharuskan untuk merawat seorang anak. Selama merawat, pemain tetap harus memperhatikan kesehatan, kebersihan, serta kerapiannya dengan memperhatikan indikator-indikator yang ada. Terdapat beberapa mini game yang memberikan edukasi seperti trivia tentang pandemi COVID-19 dan langkah-langkah tepat melakukan cuci tangan.

7. Dawn of the Civilization: Solve Corona (Yayasan Teknologi untuk Indonesia)
Link Download Disini

Dawn of the Civilization: Solve Corona adalah update terbaru dari Dawn of the Civilization, sebuah game city building yang menempatkan pemain untuk membangun kotanya sendiri. Dalam update terbaru ini, game ini menyediakan berbagai konten untuk edukasi pencegahan dan penanggulangan COVID-19 seperti cuci tangan dan jaga jarak. Terdapat juga minigame-minigame yang memberikan informasi lebih lanjut tentang pandemi ini. 

8. Menjalani Kehidupan di 2020 (Wisageni Studio)
Link Download Disini

Menjalani Kehidupan di 2020 adalah sebuah Visual Novel minim dialog. Game ini mengisahkan kehidupan seorang pemuda yang mengalami PHK dan harus bertahan hidup di tengah pandemi. Pilihan-pilihan yang diambil oleh pemain akan menentukan ending yang akan didapat. Selain dirilis untuk platform Android, game ini juga bisa dimainkan langsung di web browser melalui tautan http://wisageni.com/gelora/april2020-08-7_4.  

9. AKB Busway (Anoman Studio)
Link Download Disini

AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) Busway adalah sebuah game simulasi yang menempatkan pemain sebagai penjaga pintu halte busway. Pemain diharuskan untuk mengecek setiap penumpang yang akan masuk, apakah suhunya aman, sudah bersih dan higienis, serta sudah mengenakan masker. Jika sudah sesuai, maka pemain harus menempatkan mereka di tempat-tempat duduk yang menerapkan protokol jaga jarak di dalam busway.

10. Si Juki Warteg Gaya Baru (Arsanesia)
Link Download Disini

Game-Covid.jpg

Dalam game ini, pemain diharuskan untuk memasak dan membagikan makanan kepada yang membutuhkan. Konten-konten kesehatan dalam game ini disajikan dalam bentuk komik menggunakan kekuatan IP dari Si Juki. Diharapkan pesan-pesan sederhana yang disampaikan bisa lebih mengena kepada masyarakat untuk turut membantu mencegah dan menanggulangi pandemi Covid-19. (*)

Ekoran-Edisi-Sabtu-10-Oktoberr-2020-10-Game-Edukasi-Covid-19-2.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES