Peristiwa Daerah

Gubernur Jatim Khofifah Siap Pertemukan Serikat Buruh dengan Menko Polhukam 

Jumat, 09 Oktober 2020 - 21:55 | 42.45k
Gubernur Khofifah saat menemui perwakilan serikat buruh di Gedung Negara Grahadi, Kamis (8/10/2020) kemarin. (Foto: Dok.Biro Humas Pemprov Jatim)
Gubernur Khofifah saat menemui perwakilan serikat buruh di Gedung Negara Grahadi, Kamis (8/10/2020) kemarin. (Foto: Dok.Biro Humas Pemprov Jatim)

TIMESINDONESIA, SURABAYAGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan jika serikat buruh dan pekerja sudah meminta Pemprov Jatim mengirim surat ke Presiden RI. Khofifah menyampaikan aspirasi itu secara tertulis kepada presiden dalam semalam. 

Sebelum UU Cipta Kerja disahkan, beberapa waktu lalu perwakilan buruh juga telah menemui Khofifah untuk berdiskusi. 

Namun, pasca pengesahan UU Omnibus Law, serikat buruh kembali mendesak agar pemerintah provinsi kembali melayangkan surat.

Bahkan mereka juga melakukan demo di depan Gedung Negara Grahadi. Permintaan tersebut dipenuhi oleh Khofifah. Setelah rembug antara gubernur dan perwakilan buruh, surat resmi ditandatangani.

"Mereka setuju dan kemudian mereka paraf, bahwa memang itu aspirasi yang mereka inginkan. Lalu, tadi malam juga sudah langsung disiapkan surat itu. Kedua, mereka ingin dialog dengan Menko Polhukam Machfud MD," ungkap Khofifah, Jumat (9/10/2020). 

Tidak hanya itu saja. Menurut Khofifah, pihaknya juga menyampaikan isi materi dari Menko Perekonomian terkait dengan substansi UU Cipta Kerja. Karena draft UU Cipta Kerja pasti mengalami berbagai dinamika perubahan.

"Dan, pasti aspirasi yang sudah berkembang juga sudah terangkum di dalam UU Cipta Kerja itu. Kalau ada yang belum jelas dan perlu dilakukan dialog, monggo kepada siapa. Mereka minta kepada Pak Menko Polhukam," urai gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut. 

Tak butuh waktu lama, Khofifah segera menghubungi Mahfud MD melalui sambungan telepon seluler. Menko Polhukam berjanji menyiapkan waktu. 

"Pak Mahfud menyiapkan waktu kalau virtual bisa besok. Tetapi kalau ketemu langsung, beliau menyampaikan waktunya kemungkinan Selasa siang atau sore," tandasnya. 

Lebih lanjut, Khofifah menjelaskan jika pertemuan darat akan dikomunikasikan kembali mengingat pada hari yang sama minggu depan adalah peringatan HUT ke-75 Pemprov Jatim. 

"Saya menyampaikan kalau Selasa siang atau sore, mungkin saya dan pak wagub nggak bisa mengantar. Karena kami HUT Pemprov. Sedang kita komunikasikan untuk bisa mendapatkan waktu hari Selasa. Kira-kira begitu," tambahnya. 

Kepada para serikat buruh dan Pekerja, Khofifah akan memfasilitasi pertemuan dengan Menkopolhukam Machfud MD. 

"Saya sudah menyampaikan bahwa untuk koordinasi dengan Pak Menko Polhukam, Pemprov akan memfasilitasi teman-teman serikat buruh dan serikat pekerja dari Jatim. Saya sudah sampaikan kepada perwakilan dari satu KSPSI, SBSI, FSPMI," ujar Gubernur Jatim Khofifah.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES