Peristiwa Internasional

Program Pangan Dunia, WFP Terima Hadiah Nobel Perdamaian 2020

Jumat, 09 Oktober 2020 - 20:12 | 38.76k
Seorang pekerja membawa bantuan yang diberikan oleh Program Pangan Dunia (WFP) untuk didistribusikan di Pissila, Burkina Faso 24 Januari 2020 (FOTO: Reuters)
Seorang pekerja membawa bantuan yang diberikan oleh Program Pangan Dunia (WFP) untuk didistribusikan di Pissila, Burkina Faso 24 Januari 2020 (FOTO: Reuters)

TIMESINDONESIA, JAKARTAProgram Pangan Dunia (WFP) PBB menerima hadiah Nobel Perdamaian 2020, Jumat (9/10/2020) karena konsistensinya memerangi kelaparan dan kerawanan pangan di seluruh sunia.

Staf WFP yang mempertaruhkan nyawa mereka setiap hari untuk membawa makanan dan bantuan bagi hampir 100 juta anak yang kelaparan , wanita dan pria di seluruh dunia.

Pengumuman pemberian penghargaan tersebut seperti dilansir Al Jazeera, dibuat oleh Ketua Komite Nobel.Berit Reiss-Andersen di Oslo, Norwegia.

Seorang pekerja membawa bantuan b

Juru bicara WFP, Tomson Phiri, di Jenewa, mengatakan, ini adalah momen yang membanggakan, nominasi itu sendiri sudah cukup, tetapi memenangkan Hadiah Nobel bukanlah suatu prestasi.

Selama pandemi, WFP adalah maskapai penerbangan terbesar di dunia ketika semua maskapai penerbangan komersial dilarang terbang, mereka memindahkan bantuan dan memberikan bantuan melalui layanan umum global.

"Sehingga staf kami dapat tinggal dan mengantarkan di komunitas di mana orang-orang berisiko terinfeksi. dan kelaparan," tambahnya.

Komite Nobel mengatakan, pandemi virus korona telah memperburuk krisis kelaparan yang dihadapi jutaan orang di seluruh dunia dan meminta pemerintah untuk memastikan bahwa WFP dan organisasi bantuan lainnya menerima dukungan keuangan yang diperlukan untuk memberi makan mereka.

WFP menambahkan, setiap satu dari 690 juta orang yang kelaparan di dunia saat ini memiliki hak untuk hidup damai dan tanpa kelaparan.

Penghargaan Nobel Perdamaian bukan hanya milik WFP. Mereka mengaku bekerja sama dengan pemerintah, organisasi, dan mitra sektor swasta yang memiliki semangat membantu yang lapar dan rentan, sama seperti WFP. 

"Kami tidak mungkin membantu siapa pun tanpa mereka. Kami adalah agen operasional dan pekerjaan harian staf kami setiap hari didorong oleh nilai-nilai inti kami yaitu integritas, kemanusiaan, dan inklusi," sebut WFP yang menerima anugerah Nobel Perdamaian 2020. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES