Pendidikan

Kembangkan Bibit Padi Unggulan, Dekan FPP UMM Dapat Kejutan dari TIMES Indonesia

Jumat, 09 Oktober 2020 - 18:54 | 99.97k
Dekan FPP UMM Dr. Ir. David Hermawan, M.P., IPM menerima cinderamata dari TIMES Indonesia. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Dekan FPP UMM Dr. Ir. David Hermawan, M.P., IPM menerima cinderamata dari TIMES Indonesia. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – TIMES Indonesia mengapresiasi karya Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang (FPP UMM) yang mengembangkan bibit padi unggulan untuk ketahanan pangan nasional.

Secara khusus, direksi TIMES Indonesia menyerahkan penghargaan dan apresiasi kepada Dekan FPP UMM, Dr Ir David Hermawan, MP, IPM berupa e-koran cetak akrilik di kantor Dekan FPP UMM, Jumat (9/10/2020).

umm b

Turut hadir Direktur Pengembangan Bisnis TIMES Indonesia, Sri Widji Wahyuning Utami, GM TIMES Indonesia Regional Malang Raya, Juli Trijanto dan Wakil Pemred TIMES Indonesia, Wahyu Nurdiyanto.

Bibit padi unggulan ini telah dilakukan panen perdana uji coba Galur Murni Varietas UM2-400. Uji coba varietas ini dilakukan di atas 1,4 hektar lahan milik sawah produksi FPP UMM.

David menjelaskan, varietas UM2400 ini satu malainya berisi 400 bulir. Padi produksi FPP UMM ini memiliki produktivitas tinggi.

"Keunggulannya padi ini sesuai namanya padi unggulan, memiliki ketahanan terhadap wereng atau hama penyakit dan tahan cuaca ekstrem," katanya kepada TIMES Indonesia.

Hal itu terbukti setelah dibandingkan dengan padi hibrida brang biji yang roboh diterjang angin kencang dan hujan. Namun, kata David, varietas yang dimiliki UMM ini bisa bertahan. Artinya, bibitnya lebih unggul.

UMM mempunyai tiga galur murni yakni varietas UM2400, UM2600, dan UM2700. Produksi ini adalah karya dosen FPP UMM berkolaborasi dengan mahasiswa.

umm c

"UMM saat ini konsentrasi bagaimana menghasilkan patriot pejuang pangan nasional. Artinya, mahasiswa bisa kembali ke daerah dan menjadi petani milenial karena sekarang semua sudah berbasis digital. Penyemprotan pakai drone semua sehingga menjadi efisien dalam biaya," tuturnya.

Secara eksklusif, Dekan FPP UMM mengajak TIMES Indonesia keliling ke Edu Park, sebuah laboratorium milik FPP UMM. Di sana dilakukan eksplorasi animal farm, agro farm, fish edupark, dan UMM Bakery di bawah jurusan Ilmu Teknologi Pangan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES