Kesehatan

Cocok Saat Pandemi, Ini Khasiat Jahe untuk Kesehatan

Sabtu, 10 Oktober 2020 - 05:43 | 266.88k
Jahe yg bisa menyehatkan tubuh. (FOTO: Klikdokter.com)
Jahe yg bisa menyehatkan tubuh. (FOTO: Klikdokter.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selain digunakan sebagai rempah bumbu dapur, jahe juga sering dijadikan obat herbal. Hal ini karena jahe memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan. Apalagi disaat Pandemi Covid-19 ini.

Khasiat-khasiat ini ada, karena berbagai kandungan jahe yang ada cukup lengkap, mulai dari vitamin, mineral, hingga nutrisi makro seperti protein dan karbohidrat.

Jahe juga mengandung kandungan khas yang sangat baik untuk kesehatan, yaitu gingerol. Gingerol ini yang berperan sebagai pemberi khasiat paling besar dalam jahe.

Berikut ini manfaat yang didapat dari mengonsumsi jahe:

1. MENGATASI MUAL

Sebuah penelitian menunjukkan mengonsumsi sekitar 1 gram jahe per hari bisa membantu mengurangi mual dan muntah pasca operasi.  Tidak hanya itu, jahe juga mampu mengurangi rasa mual dan muntah yang disebabkan mabuk perjalanan, kemoterapi, dan gangguan pencernaan. 

2. MENGATASI MASALAH PENCERNAAN

Dikenal dari generasi ke generasi, jahe merupakan salah satu bahan alternatif untuk memperlancar sistem pencernaan.

Kandungan phenolic dalam jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan.

Jahe juga disebut sebagai carminative, suatu substansi yang dapat membantu mengeluarkan gas berlebih yang ada di sistem pencernaan. Masalah pencernaan seperti kolik dan dispepsia dapat diatasi dengan jahe.

3. MENGURANGI RASA SAKIT

Suatu penelitian yang dilakukan di University of Georgia menyatakan bahwa konsumsi suplemen jahe setiap hari dapat mengurangi sakit-sakit otot yang diakibatkan oleh berolahraga hingga 25%.

Manfaat jahe juga dapat mengurangi sakit akibat dysmenorrhea, rasa sakit pada saat menstruasi. Dalam suatu penelitian, disebutkan bahwa 60% wanita merasa rasa sakit yang dikarenakan oleh menstruasi berkurang setelah mengonsumsi jahe.

4. MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH

Kandungan gingerol pada jahe dapat meningkatkan imunitas tubuh. Gingerol terbukti memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.

Selain itu, gingerol juga menurunkan risiko infeksi. Studi menunjukkan, ekstrak jahe dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis bakteri. Jahe juga efektif melawan bakteri mulut dan melawan virus penyebab penyakit pernapasan.

5. ANTI PENUAAN DAN KANKER

Jahe bersifat anti-inflamasi dan anti-oksidatif yang bisa mengendalikan proses penuaan. Manfaat jahe lainnya, tanaman herbal ini juga memiliki potensi antimikroba yang dapat membantu dalam mengobati penyakit menular. Bahkan, manfaat jahe disebut-sebut dapat mencegah berbagai kanker.

Akan tetapi, ada satu hal yang mesti digarisbawahi. Menurut jurnal di atas, meski potensi antikanker jahe telah terdokumentasi dengan baik, manfaat jahe terhadap kanker masih membutuhkan penelitian lebih lanjut sebelum mengklaim kemanjurannya.

6. ANTI PERADANGAN

Gingerol dalam jahe yang bersifat anti-inflamatori berguna untuk mengurangi sakit persendian. Hal ini menjelaskan mengapa mereka yang menderita penyakit persendian seperti osteoarthritis dan rematik melaporkan berkurangnya rasa sakit setelah mengonsumsi jahe secara teratur.

Mengonsumsi jahe tidak hanya mengurangi rasa sakit tetapi juga mengurangi pembengkakan pada bagian yang sakit. Jahe diperkirakan dapat menghambat komponen yang berperan dalam proses inflamatori dalam tubuh seperti sitokin, kemokin, kondrosit, dan leukosit.

7. MENURUNKAN BERAT BADAN

Jahe juga terbukti mampu mengurangi berat badan. Studi mendapati suplemen jahe secara signifikan dapat mengurangi berat badan dan rasio pinggang-pinggul.

Studi pada 2016 terhadap 80 wanita dengan obesitas menunjukkan jahe dapat membantu menurunkan indeks massa tubuh (BMI) dan kadar insulin darah. Kadar insulin darah yang tinggi dikaitkan dengan obesitas.

Jahe mampu membantu meningkatkan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh sehingga menurunkan berat badan lebih baik.

8. MENURUNKAN GLUKOSA DARAH HINGGA KOLESTEROL

Dilansir dariUS National Library of Medicine National Institutes of Health - mengenai khasiat jahe, rutin mengonsumsi jahe juga bisa menurunkan glukosa darah secara signifikan. Tak cuma itu, konsumsi jahe secara rutin juga bisa menurunkan kolesterol LDL (lemak jahat), trigserida, sekaligus meningkatkan HLD (lemak baik).

Itulah manfaat yang bisa didapat dari konsumsi jahe. Jahe bisa dikonsumsi dalam berbagai macam bentuk seperti permen jahe, susu jahe, minuman-minuman tradisional seperti wedang jahe dan wedang uwuh dan lain sebagainya. (*)

Ekoran-Edisi-Sabtu-10-Oktoberr-2020-Khasiat-Konsumsi-Jahe.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES