Pemerintahan

Di Kalteng, Presiden RI Jokowi Disuguhi Alat Pertanian Canggih Buatan Kementan RI

Jumat, 09 Oktober 2020 - 18:42 | 56.48k
Mentan RI Syahrul Yasin Limpo mendampingi Presiden RI Jokowi saat meninjau kawasan food estate, di Kalteng. (FOTO: Kementan RI).
Mentan RI Syahrul Yasin Limpo mendampingi Presiden RI Jokowi saat meninjau kawasan food estate, di Kalteng. (FOTO: Kementan RI).

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden RI Jokowi mengunjungi kawasan food estate di Kalimantan Tengah (Kalteng). Di sana, kepala negara langsung disuguhi beberapa alat mesin pertanian buatan anak bangsa Badan Litbang Kementan RI, seperti traktor apung dan drone 

Traktor apung ini mampu mengolah tanah dengan konsep traktor roda dua tetapi mengapung seperti perahu. Dilengkapi dua roda karet untuk transportasi darat dan dua roda besi untuk bekerja di sawah, traktor ini memiliki transmisi berupa sabuk dan puli dengan rangka serta badan traktor seperti perahu. 

Kelebihan badan seperti perahu adalah menambah kontak dengan tanah sehingga mempunyai gaya tekan ke tanah kecil (low ground pressure) sehingga traktor bisa digunakan untuk mengolah tanah di tanah dengan daya sangga rendah. 

Sedangkan drone untuk penebar pupuk granuler adalah hasil modifikasi drone penyemprot pestisida. Modifikasi dilakukan dengan cara mengganti penampung (hopper) dan memasang serta mengatur pengeluaran pupuk granuler (fertilizer metering devices). 

Drone ini dirancang dengan kapasitas muat 15 kg pupuk granul (tergantung jenis pupuk) dan kapasitas kerja 0,8-1 ha/jam.

Tak hanya padi, di lokasi ini Presiden juga melihat kombinasi pertanaman jeruk, bawang merah, dan kelapa yang ditanam di sisi-sisi area sawah. Serta pemanfaatan air dengan budidaya ikan dan itik. 

"Dengan cara-cara ini kita harapkan pendapatan petani akan naik. Tidak hanya dari padi, tetapi juga dari jeruk, bawang merah, kelapa, ikan, dan dari (ternak) itik," ujar Presiden Jokowi, seperti dikuti dari rilis Kementan RI, Jumat (9/10/2020).

Tak hanya alat pertanian canggih buatan Badan Litbang Kementan RI, Presiden RI Jokowi juga disuguhi teknologi sumberdaya lahan, penyediaan benih jeruk siam pontianak serta ternak itik master untuk mengembangkan kawasan food estate di Kalteng ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES