Peristiwa Daerah

Sebanyak 234 Penghuni Lapas Waingapu Bebas dari Covid-19

Selasa, 06 Oktober 2020 - 14:59 | 52.44k
Kepala Lembaga Pemasyarakan (LAPAS) Waingapu, Kabupaten Sumba Timur NTT Seno Utomo. (FOTO:Habibudin/TIMES Indonesia)
Kepala Lembaga Pemasyarakan (LAPAS) Waingapu, Kabupaten Sumba Timur NTT Seno Utomo. (FOTO:Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, WAINGAPU – Sejumlah 234 penghuni Lembaga Pemasyarakatan atau LAPAS Waingapu, Kabupaten Sumba Timur NTT yang terdiri dari 24 tahanan dan 210 narapida hingga hari ini terbebas dari wabah Coronavirus (Covid-19) .

"Jadi sampai dengan hari sejumlah 234 penghuni LAPAS Waingapu terbebas dari wabah Covid-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," kata Kepala LAPAS Waingapu Seno Utomo Selasa (6/10/2020).

Menurutnya, dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai yang ditetapkan oleh Dirjen Pemasyarakatan.

Yang pertama dengan meniadakan kunjungan tatap muka diganti dengan kunjungan virtual atau video call antara keluarga binaan dan keluarganya dan kedua dengan memberikan vitamin, makanan tambahan, berjemur diri dan pembagian masker serta mencuci tangan (Hand sanitizer).

"Jadi 3M kita tetap terapkan untuk mencegah penularan virus Covid-19" ujarnya.

Seno menjelaskan, sesuai arahan Dirjen Pemasyarakatan hingga hari ini tanggal 6 Oktober 2020 pihaknya tidak melayani kunjungan secara tatap muka hanya melalui video call. Kemudian tahanan baru bisa diterima dari tahanan Kejaksaan atau Pengadilan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Artinya, bagi tahanan baru yang masuk ke LAPAS itu tetap harus ada hasil Rapid test non reaktif, kemudian selama 14 hari ditempatkan di isolasi mandiri untuk tahanan baru.

"Bila selama 14 hari tidak menunjukan gejala Covid-19, baru dipindahkan ke kamar hunian biasa," ungkap Kepala LAPAS Waingapu Seno Utomo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES