News Commerce

Agro Sweet Natural Cirebon, UMKM yang Memproduksi Gula Sehat

Jumat, 02 Oktober 2020 - 23:21 | 147.22k
Gula Agro sweet natural, gula yang sehat dan memiliki banyak khasiat. (Foto: Dede Sofiyah/TIMES Indonesia)
Gula Agro sweet natural, gula yang sehat dan memiliki banyak khasiat. (Foto: Dede Sofiyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Berbagai inovasi terus dilakukan oleh para UMKM untuk mengeksplorasi dan memasarkan produk olahannya termasuk di Kota Cirebon. Seperti yang dilakukan Agro sweet natural Cirebon. UMKM yang bergerak di produksi gula tersebut dikembangkan oleh pasangan suami istri yaitu Zaki dan Morina.

Berlokasi di Jalan Jendral Sudirman, Cendrawasih 2 No. 104 Harjamukti Kota Cirebon, menurut Zaki, pihaknya membuat produk dari hasil alam yang memiliki khasiat yang bagus bagi kesehatan dan aman untuk dikonsumsi terutama bagi penderita diabetes.

Gula ini banyak digemari oleh para konsumennya terlebih untuk orang-orang Eropa.

Gula Agro sweet natural a

Berawal hanya memproduksi untuk dipasarkan ke luar negeri yaitu ke wilayah Eropa dan Asia melalui perusahaan penyaluran bahan ekspor. Berdiri kurang lebih 2 tahun dan diproduksi di Purwokerto.

"Saya buat rumah produksi di Purwokerto, karena dicilongok Purwokerto Banyumas tempatnya air nira kelapa terbaik jadi kita bukanya disana. Petani gula pun masih banyak." ujar Zaki pengelola Agro Sweet Natural, Jumat (02/10/2020).

Kandungan nutrisi pada gula semut ini sangat bagus dan memiliki khasiat untuk dikonsumsi ketika diolah dengan benar. Namun saat Covid-19, penyaluran ekspor terhenti.

"Saat pandemi Covid-19 muncul sekitar bulan Februari, saya dan suami berinisiatif untuk mulai membawa bahan baku dan produk olahan yang sudah jadi ke Cirebon. Memperkenalkan kembali produk ini mulai dari nol, mengenalkan ke warga sekitar dengan mengedukasi, Banyak yang belum tahu gula semut yang memiliki banyak khasiatnya ini," tambah Morina.

Gula Agro sweet natural b

Saat mulai membangun untuk memasarkan di Cirebon, UMKM Agro Sweet Natural tak lepas dari peran pemerintah. Dengan meminta izin dan akses untuk ekspor ke luar negeri.

"Bersyukur pemerintah sangat mendukung untuk menjual produk lokal di kota sendiri. Pas kita dateng ke pemerintah, di kasih akses dikasih petunjuk untuk ini, ini dan saya bersyukur. Agro sweet juga sudah memiliki izin bpom, dan no pirt." Kata Zaki.

Agro sweet natural tidak hanya memikirkan kualitas, akan tetapi tingkat kesejahteraan para petani pun di perhatikan. Terus melakukan inovasi, agro sweet natural sudah banyak hasil yang di produksi.

Dengan berbagai varian ukuran dari yang ukuran kecil sampai dengan ukuran 1 kg. Dipatok harga dari Rp.15.000-100.000.

Gula semut yang memiliki kandungan nutrisi dan vitamin baik untuk menjaga stamina tubuh, apalagi disaat pandemi  covid-19 sekarang ini.

"Sudah memiliki banyak reseller, distributor, dan jualan  online jalan terus. Harapannya banyak orang yang beralih ke gula yang lebih menyehatkan, dan tanpa pengawet dengan produksi lokal. Juga semakin banyak yang mengenal gula semut untuk dikonsumsi," ujar Zaki, pemilik Agro sweet natural Cirebon. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES