Peristiwa Daerah

Lagi, Balita di Indramayu Dinyatakan Positif Covid-19

Kamis, 01 Oktober 2020 - 13:20 | 52.46k
Juru Bicara GTPP Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara. (Foto: Dokentasi TIMES Indonesia)
Juru Bicara GTPP Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara. (Foto: Dokentasi TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Seorang balita asal Indramayu, Jawa Barat kembali terkonfirmasi positif Covid-19. Balita tersebut merupakan warga Kecamatan Patrol yang masih berusia 4 tahun.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara, balita tersebut kontak erat dengan pasien terkonfirmasi sebelumnya, yang telah melakukan perjalanan dari luar daerah.

Tim medis pun segera melalukan uji swab pada 28 September 2020 dan hasilnya dinyatakan positif Covid-19 pada 30 September 2020.

"Pasien isolasi mandiri sampai rumah sakit rujukan siap, untuk kontak erat masih didata," ujarnya, Kamis (1/10/2020).

Deden melanjutkan, selain balita tersebut, ada penambahan 3 orang lagi yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Indramayu. Dua orang diantaranya merupakan ibu rumah tangga (IRT) dari Kecamatan Cikedung dan Kecamatan Sukra. Dan satu orang lagi merupakan wiraswasta warga Kecamatan Jatibarang.

"Penambahan tersebut membuat total kasus sudah menembus angka 180 orang," tuturnya.

Selain pasien positif Covid-19, GTPP Covid-19 juga mengumumkan sebanyak 6 pasien sembuh hari ini, yakni dua warga dati Kecamatan Bangodua, tiga warga dari Kecamatan Indramayu, dan satu warga dari Kecamatan Kertasmaya.

Terkait balita yang terkonfirmasi positif, lanjut Deden, kelompok balita memang sangat rentan dan mudah sekali terpapar Covid-19. Untuk itu, harus dilakukan penanganan cepat terhadap balita.

Deden pun mengimbau, agar balita sebaiknya tidak melakukan perjalanan atau mendatangi tempat-tempat berkerumun, seperti pasar dan mall. Kalaupun mendesak, maka balita harus diproteksi dengan masker dan face shield.

"Biasanya kelompok balita paling banyak terpapar Covid-19 dari orangtuanya, atau dari kontak erat dari lainnya," jelasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES