Politik Pilkada Serentak 2020

Bawaslu Kota Semarang Buka Pendaftaran Pengawas TPS, Begini Rinciannya

Kamis, 01 Oktober 2020 - 12:05 | 52.31k
Komisioner Bawaslu dalam sebuah acara. (Humas Bawaslu)
Komisioner Bawaslu dalam sebuah acara. (Humas Bawaslu)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, SEMARANGBawaslu Kota Semarang akan membuka pendaftaran seleksi pengawas TPS untuk Pilwalkot Semarang 2020. Hal itu disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kota Semarang, Muhammad Amin pada Kamis (1/10/2020).

"Ya sesuai Surat Keputusan Ketua Bawaslu RI Nomor 0329 Tahun 2020, proses pengumuman sejak tanggal 30 September sampai dengan 2 Oktober 2020," ujar pria yang akrab disapa Amin itu.

Selanjutnya, pendaftaran, penerimaan dan penelitian berkas lamaran calon pengawas TPS dilakukan pada tanggal 3-15 Oktober 2020 di Kantor Sekretariat Panwaslu Kecamatan masing-masing.

"Pengumuman hasil seleksi calon Pengawas TPS tanggal 28 Oktober 2002 dilaniutkan dengan masukan dari masyarakat," kata Amin, yang juga Koordiv. SDM dan Organisasi.

Untuk pengumuman yang terpilih 1 orang Pengawas TPS tanggal 11 November 2020 dan Pelantikan 16 November 2020 berikut pembekalan.

"Ketentuan memang 1 orang untuk 1 TPS yang bertugas 1 bulan, selama akhir kampanye sampai Pemungutan Suara," jelasnya

Lebih lanjut, Amin menjelaskan, proses pendaftaran sampai pelantikan dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan di 16 kecamatan se-Kota Semarang sesuai aturan yang ada, apalagi di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

"Kami tetap optimis target sebanyak itu tercapai dan juga nanti pengawas TPS akan menjalani rapid test sebagai salah satu persyaratan yang wajib dilakukan," tambahnya

Mengenai persyaratan dan tata cara pendaftaran dapat di lihat di papan pengumuman di tiap  kecamatan, kelurahan dan juga dilaman Website Bawaslu Kota Semarang https://semarangkota.bawaslu.go.id/pengumuman-pendaftaran-pengawas-tps/

"Kami berharap peran partisipasi masyarakat dan mendorong anak-anak muda usia minimal 25 tahun dapat bergabung menjadi pengawas TPS menuju Pilkada Kota Semarang 2020 yang luber jurdil dan berintegritas," ujar Ketua Bawaslu Kota Semarang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES