Peristiwa Nasional

Presiden RI Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

Kamis, 01 Oktober 2020 - 09:07 | 51.96k
Presiden Jokowi menjadi Inspektur Upacara dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, Kamis (1/10). (Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi menjadi Inspektur Upacara dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, Kamis (1/10). (Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada Kamis (1/10/2020) berlangsung secara virtual dari Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) bertindak secagai Inspketur Upacara.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga hadir beserta para pejabat yang bertugas mulai dari Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, Ketua MPR Bambang Soesatyo, lalu ada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makariem, serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy yang bertugas membaca doa.

Upacara yang biasanya dari tahun ke tahun selalu dihadiri para tamu undangan mulai dari para pejabat negara, perwakilan dari negara-negara asing seperti duta besar, serta para keluarga dari pahlawan revolusi, kini tidak dihadiri secara fisik. Mereka diundang hadir secara virtual.

Presiden Joko Widodo c

Upacara yang sangat sederhana ini berjalan begitu khidmat tanpa kekurangan suatu apapun dan tetap penuh makna.

Usia Upacara, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta rombongan tetap menyempatkan diri untuk menengok sesaat ke sumur tua Lubang Buaya, tempat pembuangan jenazah tujuh orang pahlawan revolusi.

Selain melihat ke sumur tua, Presiden dan Wakil Presiden juga menyempatkan diri untuk melihat ke museum diorama, di mana di sana ada ilustrasi sekilas mengenai perjuangan para pahlawan revolusi melawan komunis PKI.

Setelah upacara Hari Kesaktian Pancasila dan selesai mengunjungi sumur tua dan museum diorama, Presiden RI Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin langsung bertolak meninggalkan lokasi Monumen Pancasila Sakti. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES