Kesehatan 3M Lawan Covid

Ini Cara Menjaga Lansia Agar Terhindar dari Covid-19

Kamis, 01 Oktober 2020 - 08:15 | 74.26k
Seorang laki-laki tua terlihat sedang memakai masker. (Hotli Simanjuntak/EPA)
Seorang laki-laki tua terlihat sedang memakai masker. (Hotli Simanjuntak/EPA)

TIMESINDONESIA, JAKARTASatgas covid-19 memasukkan lansia atau orang lanjut usia dengan kelompok yang rentan terhadap berbagai penyakit termasuk Covid-19. Ini karena fungsi fisiologisnya berangsur-angsur akan berkurang termasuk sistem imum tubuh. 

Dikutip dari laman BKKBN.go.id, usia 80 tahun rentan terhadap Covid-19. Apabila tertular Covid-19 maka lansia akan mendapatkan komplikasi kesehatan yang cukup serius.  Lansia yang paling rentan atau rapuh adalah lansia tua di atas 80 tahun, diikuti lansia sedang usia 70-80 tahun, dan terakhir lansia muda usia 60-70 tahun. Maka itu, diperlukan penanganan khusus untuk mencegah lansia tertular dari covid-19.

Dalam fase adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah lansia tertular dari covid-19. Seperti yang dirumuskan oleh tim Satgas Covid-19 di bawah ini:

Pastikan orang tua memahami kondisi saat ini. Terangkan dengan bahasa sederhana mengenai virus corona. 

Kemudian meminta orang tua untuk tetap di rumah. Kegiatan di luar rumah, khususnya yang melibatkan orang banyak, seperti reuni, pengajian, arisan, atau kegiatan sosial lainnya  untuk saat ini sebaiknya tidak diikuti.

Namun, jika memang orang tua harus berada di luar rumah, ingatkan kegiatan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun).

Mintalah orang tua memakai masker, jaga jarak minimal satu hingga dua meter dengan orang lain, tidak bersalaman, cium pipi, atau berpelukan, hindari memegang hidung atau mulut setelah menyentuh benda, serta sering-sering mencuci tangan dengan sabun.

Pastikan oang tua mendapat istirahat cukup, yakni tidur 6-7 jam per hari dan menghindari aktivitas fisik yang berat. orang tua atau lansia juga harus mendapat nutrisi dan makanan bergizi yang seimbang untuk menjaga imunitas. Jangan lupa untuk dibiasakan berjemur di sinar matahari pagi. 

Satgas Covid-19 juga menganjurkan agar orang tua atau lansia menunda untuk sementara kegiatan cek kesehatan secara rutin. Dalam kondisi wabah Covid-19 seperti sekarang, ada baiknya menunda dulu jadwal kontrol kesehatan orang tua ke dokter. Ini karena kunjungan ke rumah sakit atau klinik untuk melakukan cek kesehatan dapat meningkatkan risiko orang tua terpapar berbagai infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit, termasuk covid-19(*)

***

Pesan Redaksi:

Mari bersama-sama melawan Covid-19. TIMES Indonesia mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan gerakan 3M Lawan Covid, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun sehari-hari. Ingat pesan Ibu, pakai masker, selalu cuci tangan dan selalu jaga jarak serta hindari kerumunan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES