Kesehatan

Ingin Mata Tetap Sehat? Ini Caranya

Kamis, 01 Oktober 2020 - 03:04 | 81.58k
ILUSTRASI - Menjaga kesehatan mata. (FOTO: Shutterstock)
ILUSTRASI - Menjaga kesehatan mata. (FOTO: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mata merupakan bagian organ tubuh yang sangat penting. Dengan mata kita bisa melihat segala sesuatu yang ada. Oleh karena itu, agar mata tetap berfungsi dengan baik, Anda harus menjaga kesehatan mata. Banyak cara yang dapat dilakukan agar mata selalu sehat, yaitu melalui asupan makanan dan kebiasaan sehari-hari. Berikut cara agar mata tetap sehat, dilansir dari berbagai sumber.

1. Konsumsi Makanan Sehat

Kesehatan mata dipengaruhi oleh kesehatan sel-sel saraf dan juga pembuluh darah. Untuk itu, makanan-makanan yang baik untuk kesehatan aliran darah juga dapat dikonsumsi seperti buah-buahan, sayuran hijau gelap dan gandum. Anda juga bisa mengonsumsi makanan tinggi kandungan Zinc seperti kacang-kacangan, daging merah tanpa lemak, daging unggas dapat melindungi mata dari kerusakan karena cahaya.

2. Gunakan Kacamata Pelindung

Agar mata mudah iritasi, menggunakan kacamata pelindung sangat disarankan. Bukan hanya sekedar untuk gaya, sebaiknya pilih kacamata pelindung sesuai fungsinya, seperti kacamata surya yang dapat melindungi Anda dari UV-A dan UV-B. Jika Anda bekerja dengan bahan kimia atau alat yang dapat membahayakan mata, gunakanlah kacamata pelindung yang sesuai standart.

3. Jaga Kebersihan Kontak Lensa

Jika Anda sering menggunakan kontak lensa, selalu perhatikan kebersihannya. Usahakan tangan selalu dalam keadaan bersih saat memegang kontak lensa. Gunakan cairan kontak lensa yang sesuai dengan perhatikan tanggal kadaluwarsa dari cairan dan kontak lensa Anda. Hindari memakai kontak lensa saat tidur.

4. Berhenti Merokok

Merokok bukan hanya berbahaya untuk kesehatan masalah pernapasan. Merokok juga dapat berakibat pada kerusakan mata. Merokok dapat mempercepat kejadian katarak dan dapat menyebabkan keluhan mata kering dan tidak nyaman. Pengaruhnya terhadap pembuluh darah juga membahayakan pembuluh darah retina sehingga dapat menyebabkan kebutaan.

5. Lakukan Pemeriksaan Mata

Orang sering mengabaikan pemeriksaan mata. Sebagian besar orang tidak memeriksakan mata jika tidak sedang sakit mata. Sebaiknya usahakan untuk memeriksakan kesehatan mata paling tidak 2-3 tahun sekali jika Anda tidak memiliki keluhan. Namun jika Anda memakai kontak lensa, mengidap diabetes, tekanan darah tinggi dan memiliki riwayat penyakit mata dalam keluarga, lakukan pemeriksaan minimal 1 tahun sekali. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES