Indonesia Positif

Nikmati Kemudahan Layanan BPJS Kesehatan Cabang Jember Melalui Pandawa

Rabu, 30 September 2020 - 17:29 | 149.78k
Masyarakat dapat mengakses pelayanan BPJS Kesehatan melalui kanal Pandawa di masa pandemi Covid-19. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Masyarakat dapat mengakses pelayanan BPJS Kesehatan melalui kanal Pandawa di masa pandemi Covid-19. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBERBPJS Kesehatan Cabang Jember menerapkan beberapa inovasi pelayanan di masa pandemi Covid-19 sehingga tetap memberikan kenyamanan bagi para peserta dan pengunjung. Baru-baru ini Kantor Cabang Jember melakukan terobosan baru pelayanan di masa pandemi Covid-19 berbasis daring yang bernama Pandawa (Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp). 

Pemanfaatan layanan dengan teknologi komunikasi melalui WhatsApp ini juga untuk mengurangi layanan tatap muka dan menekan jumlah kunjungan di kantor cabang serta mengurangi resiko penyerbaran Covid-19.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jember Antokalina Sari Verdiana menjelaskan bahwa pemberlakukan pelayanan melalui Pandawa ini diberlakukan sejak 9 September 2020.

“Pandawa sudah mulai kami terapkan dan kami akan melakukan evaluasi dalam pelaksanaannya untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi peserta. Peserta atau masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor dan bisa mengakses layanan kami melalui chat WhatsApp dengan petugas kami. Layanan dapat diberikan meskipun tanpa tatap muka dengan petugas,” ujar Anto.

Anto menerangkan bahwa ada 10 layanan yang dapat dilayani melalui Pandawa.

Peserta atau calon peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) bisa melalui dengan chat WhatssApp dari gawai masing-masing ke nomor 08113510606.  

Pelayanan melalui kanal ini bisa dilakukan pada hari kerja mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB. 

“Pelayanan melalui Pandawa yaitu mulai dari pendaftaran peserta baru (PBPU/Peserta Mandiri), pendaftaran bayi baru lahir, perubahan anggota keluarga, perubahan data/identitas pesertafaskes tingkat pertama, perubahan kelas perawatan,  perubahan data PNS/TNI/POLRI, pengaktifan kembali kartu anak usia di atas 21 tahun, permintaan cetak dan kirim kartu KIS dan yang terkahir pengurusan pengaktifan dan penonaktifan peserta WNI dari dan ke luar negeri,” jelas Anto.

Peserta atau calon peserta yang menggunakan kanal layanan ini tetap diberikan pelayanan yang optimal dan bisa mengakses kapanpun dan dimanapun.

Pelayanan yang diinginkan akan diselesaikan pada saat itu juga sama seperti pelayanan di kantor cabang.

Sebelum Pandawa dikembangkan, BPJS Kesehatan sudah memiliki kanal pelayanan administrasi tanpa tatap muka. Kanal-kanal tersebut, antara lain aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, dan CHIKA (Chat Assistant JKN) melalui nomor WhatsApp 08118750400.

Sebagai pemberi layanan publik BPJS Kesehatan harus menerapkan protokol kesehatan selama menjalankan fungsinya.

Alur pelayanan administrasi kepesertaan di kantor cabang diatur sedemikian rupa untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Pandemi Covid-19 di Indonesia belum berakhir, pemerintah mewajibkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dalam segala aktivitas. Kami berusaha semaksimal mungkin tetap memberikan pelayanan yang optimal dan memudahkan peserta. Kami berharap masyarakat dan peserta dapat memanfaatkan kanal-kanal layanan yang sudah kami sediakan tanpa harus datang ke kantor cabang," tutur Anto.

Layanan Pandawa ini disambut sangat baik oleh peserta. Salah satunya Andi Tyas Laga P. yang telah merasakan kemudahan dari kanal layanan ini.

“Tadi datang dari pintu depan sudah diinformasikan oleh petugas untuk bisa mengakses layanan Pandawa. Saya coba di rumah untuk chat WhatsApp nomor tersebut untuk mengubah data anggota keluarga. Alhamdulillah responnya cepat dan selesai beberapa saat setelah itu. Sama seperti kalau datang di kantor, cuma bedanya kita cukup chat saja sudah dapat pelayanan. Mudah dan simple, tidak perlu antri lagi," ujar Andi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES