Indonesia Positif

Persalinan Normal dengan JKN-KIS, Vany: Harapan Saya Terwujud

Rabu, 30 September 2020 - 16:54 | 54.98k
Vany Linda Febrianti, peserta Program JKN-KIS yang baru melahirkan melalui persalinan normal. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Vany Linda Febrianti, peserta Program JKN-KIS yang baru melahirkan melalui persalinan normal. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Vany Linda Febrianti (26) tampak bahagia setelah melahirkan putra pertamanya. Melalui peralinan normal yang diinginkan, ditambah lagi biaya persalinan tersebut dijamin sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan melalui Program JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat) menambah kebahagian dan rasa syukurnya.

Dia merupakan salah satu peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU). Wanita asal Kabupaten Jember ini pun tak ragu untuk berbagi pengalaman yang baru pertama kali dialaminya.

"Dari awal tahu kalau hamil, saya rutin kontrol ke bidan terdekat. Kebetulan saya bekerja di Malang, jadi faskes saya sementara saya pindahkan dulu ke Malang saat itu. Impian saya bisa melahirkan secara normal, jadi selain rutin kontrol saya juga ikut yoga dan menjalankan saran dari bidan dan juga dokter," cerita Vany.

Meski tak mudah, Vany tetap berkeyakinan bisa melahirkan secara normal.

Hal ini lantaran Vany mengidap skoliosis atau kelainan tulang belakang sebelumnya.

Rasa nyeri di bagian tulang belakang sering ia rasakan, bahkan makin menjadi ketika usia kehamilannya memasuki trimester ketiga.

"Sebelum hamil saya sudah punya penyakit ini (skoliosis, red). Sempat dirujuk ke dokter spesialis, dan disarankan operasi caesar. Tapi saya tetap ingin mengusahakan normal dan didukung oleh suami dan keluarga. Alhamdulillah keyakinan dan ikhtiar saya berbuah hasil. Pada bulan Agustus kemarin si kecil lahir dengan normal dibantu bidan faskes saya terdaftar di Jember," ungkap Vany.

Ia menambahkan bahwa dalam menjalani proses persalinan normal dan menggunakan JKN-KIS, dirinya dilayani dengan baik bahkan sampai dalam masa pemulihan masih dipantau oleh bidan.

Hal ini juga melepas pandangannya bahwa pelayanan di bidan tidak sebaik seperti di rumah sakit itu tidak benar.

"Saya dilayani dengan baik, biaya juga sepenuhnya dijamin pakai JKN. Sangat membantu dan tidak ada kendala yang menyulitkan pasien," ujarnya.

Vany pun tak lupa membagikan tips jika akan melakukan persalinan.

Ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan dari awal. Salah satunya adalah memiliki jaminan kesehatan JKN-KIS.

"Punya JKN-KIS itu penting. Karena orang bersalin taruhannya nyawa, psikis harus disiapkan. Sedia payung sebelum hujan akan membuat kita lebih tenang. Jangan sampai mau melahirkan masih memikirkan biaya. Kalau sudah punya kartunya, jangan lupa pastikan kartunya aktif dengan rutin bayar iuran. Dan berikutnya, harus yakin jika tidak ada penyulit dan indikasi medis, persalinan normal adalah yang terbaik," sarannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES