Indonesia Positif

JKN-KIS Jadi Pegangan Maisaroh Lalui Usia Senja

Rabu, 30 September 2020 - 16:44 | 35.75k
Siti Maisaroh, peserta Program JKN-KIS. (FOTO: Anggun LS/AJP TIMES Indonesia)
Siti Maisaroh, peserta Program JKN-KIS. (FOTO: Anggun LS/AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Keberadaan Program JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat) telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dari semua kalangan.

Tak heran, jika program ini menjadi pegangan jaminan kesehatan banyak masyarakat.

Salah satunya Siti Maisaroh, lansia berusia 57 tahun asal Kabupaten Jember ini mengaku jika program pemerintah ini menjadi andalannya menjalani hari tua bersama suami, Mubin (63). Ditambah lagi kondisi pandemi saat ini, kalangan lansia sangat rentan terhadap berbagai penyakit.

"Tidak khawatir mikirin biaya. Anak-anak juga tidak terbebani. Jalani pengobatan rutin suami dengan tenang ya berkat JKN. Apa lagi masa pandemi Covid-19, usia seperti kami ini kan sangat rentan. Ya untungnya juga ada JKN. Berobat dan kontrol kesehatan murni pakai JKN," ungkap Maisaroh.

Sejak sang suami didiagnosa mengidap penyakit diabetes mellitus (DM) enam tahun silam, Maisaroh memanfaatkan kepesertaan program JKN-KIS untuk biaya berobat dan perawatan. Dari pemeriksaan rutin hingga pemeriksaan penunjang lainnya sesuai dengan kebutuhan medis yang direkomendasikan dokter.

"Penyakit DM itu kan memang harus dikontrol rutin. Obat-obatan yang diminum juga tidak boleh berhenti. Alhamdulillah semua proses pengobatan itu dijamin JKN," ujarnya.

Tak hanya sampai di situ, dua tahun silam sang suami didiagnosa penyakit batu ginjal dan harus menjalani operasi.

Maisaroh pun mengaku lagi-lagi biaya pengobatan ini dijamin dari Program JKN-KIS, dan tak khawatir karena memiliki kartu JKN dari sejak suami menjadi anggota TNI dahulu.

"Bapak kan pensiunan TNI, punya kartu ini dari jaman masih Askes. Dulunya belum pernah sakit sampai harus rawat inap, pusing flu meriang seperti itu saja. Ternyata iuran yang dulu ditabung dan manfaatnya dirasakan saat kita sudah usia senja. Buat suami dan juga saya," terang nenek dua cucu ini.

Melihat pentingnya jaminan kesehatan, Maisaroh berharap program ini tetap ada dan menjadi unggulan baik di saat ini maupun masa mendatang. Menurutnya, Program JKN-KIS ini sangat dibutuhkan semua orang dari masa ke masa.

"Saya berharap, program ini terus berlanjut. Jaminan kesehatan  saat ini sudah menjadi kebutuhan dasar. Wajib dimiliki semua kalangan, mulai dari bayi baru lahir hingga seperti saya lansia seperti ini. Bersyukurnya semenjak ada Askes, kemudian JKN-KIS semakin banyak yang terbantu. Jadi kalau pemerintah sudah menfasilitasi, kita manfaatkan dan jaga bersama," tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES