Kesehatan

10 Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

Kamis, 01 Oktober 2020 - 06:45 | 981.52k
ILUSTRASI - Olahraga. (FOTO: Winnet)
ILUSTRASI - Olahraga. (FOTO: Winnet)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selain memperhatikan pola makan dan kandungan gizi, olahraga juga berperan penting dalam membantu kelancaran diet sekalaigus menurunkan berat badan.

Diet perlu diseimbangkan dengan olahraga yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Berikut ini olahraga yang dapat dilakukan selama diet:

1. Jalan kaki

Jalan kaki adalah olahraga yang paling mudah dilakukan dan tidak memerlukan uang ataupun banyak alat. Jalan kaki terbukti ampuh untuk membakar kalori dalam tubuh.

Menurut Harvard Health, seseorang yang memiliki berat badan 70 kilogram, dapat membakar sekitar 167 kalori hanya dengan berjalan kaki selama 30 menit.

Riset lain membuktikan, sebanyak 20 wanita dengan masalah obesitas dapat membakar lemak hingga 1,5 persen dan mengecilkan lingkar pinggangnya hingga 2,8 centimeter setelah rutin jalan kaki (selama 50-70 menit) sebanyak tiga kali dalam seminggu.

2. Lari

Dikutip dari laman prevention.com, olahraga lari secara rutin dalam 7 hari bisa memangkas berat badan jika dilakukan dengan baik.

Menurut para ahli di Harvard Health, seseorang dengan berat badan 70 kilogram dapat membakar sekitar 298 kalori dengan jogging selama 30 menit (dengan kecepatan 8 kilometer per jam).

Selain itu, jogging dan berlari terbukti dapat membakar lemak berlebih di bagian perut. Kelebihan lemak di bagian tubuh ini perlu diwaspadai karena dapat mengundang penyakit jantung dan diabetes.

3. Skipping

Para ilmuwan menemukan bahwa skipping atau lompat tali mampu membantu meningkatkan Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh.

Melakukan skipping selama 10 menit dengan intensitas tinggi dapat dianggap setara dengan berlari 8 menit dan dapat membakar hampir 1.200 kalori dalam satu jam. Sementara skipping selama 30 menit dapat membakar 300 kalori.

4. Bersepeda

Salah satu kunci untuk menurunkan berat badan adalah dengan mambakar banyak kalori. Jika dilakukan dengan benar, bersepeda selama 30 menit dapat membakar antara 300-500 kalori.

American College of Sport Medicine menganjurkan olahraga cardio, termasuk bersepeda, selama 30 menit sehari yang dilakukan setidaknya 5 kali dalam seminggu. 

Lebih dari itu, bersepeda dipercaya ampuh meningkatkan kebugaran sekaligus mencegah penyakit jantung dan kanker.

5. Senam Aerobik

Jika dilakukan secara teratur, senam aerobik efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Gerakan-gerakan tubuh yang dilakukan secara cepat saat senam aerobik menyebabkan tubuh cepat berkeringat dan mampu membakar lemak dengan cepat.

Selain itu, senam aerobik juga mampu menjaga berat badan agar tetap ideal jika dilakukan secara rutin.

6. Berenang

Renang bisa membantu meluruhkan lemak dalam tubuh. Penyebabnya, ketika berenang, tubuh otomatis akan membakar kalori cukup banyak. Melakukannya selama 60 menit akan membakar sekitar 500 hingga 700 kalori.

Berdasarkan hasil penelitian American Heart Association, berenang selama 30-60 menit dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi risiko kesehatan. Apalagi jika olahraga ini dilakukan secara rutin 4-6 hari seminggu, maka akan lebih bermanfaat untuk mencegah beberapa penyakit seperti stroke, diabetes, dan penyakit jantung.

7. Yoga

Menurut Beth A. Lewis, profesor di University of Minnesota di Amerika Serikat, yoga yang disertai dengan meditasi dapat membakar lebih banyak kalori. Satu jam yoga dapat membakar kalori lebih banyak daripada berjalan kaki dengan durasi yang sama. Sebagai perbandingan, berjalan kaki selama satu jam bisa membakar kira-kira sebanyak 238 kalori.

Yoga juga menguatkan otot jantung. Bila otot jantung kuat, maka pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat sehingga dapat mengalirkan oksigen lebih banyak ke dalam sel-sel otot. Hal ini memungkinkan sel tubuh untuk membakar lemak lebih banyak selama olahraga dan saat istirahat setelahnya.

Semakin banyak kalori yang terbakar, makin cepat pula metabolisme tubuh bekerja untuk membakar timbunan lemak.

8. Pilates

Pilates memang sekilas mirip dengan yoga. Namun keduanya adalah jenis olahraga yang berbeda.

Pilates adalah olahraga low impact yang efektif untuk menguatkan, membangun otot tanpa lemak, dan memperbaiki postur tubuh. Olahraga low impact maksudnya adalah jenis olahraga di mana kedua atau salah satu kaki masih menempel di lantai.

Pilates bisa membantu menurunkan berat badan asalkan dikombinasikan dengan berbagai olahraga dan kebiasaan sehat lainnya.

9. Latihan beban

Mengangkat beban dianggap sebagai salah satu jenis olahraga untuk diet yang paling ampuh, bahkan juga bisa dilakukan di rumah jika memiliki alat-alatnya.

Riset membuktikan, mengangkat beban selama 30 menit dapat membakar 112 kalori pada orang dengan berat badan 70 kilogram. Ditambah lagi, angkat beban bisa memperkuat dan merangsang pertumbuhan otot.

10. Latihan interval

Biasanya latihan interval berlangsung selama 10-30 menit dan dapat membakar banyak kalori yang mampu menurunkan berat badan. Selain itu, banyak penelitian menunjukkan bahwa latihan interval sangat efektif dalam membakar lemak perut, yang terkait dengan banyak penyakit kronis.

Sebuah studi pada 9 pria menemukan bahwa latihan interval dapat membakar 25-30 persen lebih banyak kalori per menit daripada jenis latihan lainnya, termasuk latihan beban, bersepeda, dan lari.

Itulah 10 olahraga yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. Tentunya hasilnya akan lebih maksimal jika dilakukan secara rutin dan tetap memperhatikan pola makan agar seimbang. (*)

Ekoran-2-10-2020-Tips-Turunkan-Berat-Badan.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES