Peristiwa Daerah

17 Daerah di Jawa Barat Terima Penghargaan Swasti Saba

Selasa, 29 September 2020 - 22:22 | 34.29k
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum menyerahkan penghargaan Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019 kepada 17 daerah di Jabar, di Bale Asri Pusdai, Kota Bandung, Selasa (29/9/20). (Foto: Humas Jabar for TIMES Indonesia)
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum menyerahkan penghargaan Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019 kepada 17 daerah di Jabar, di Bale Asri Pusdai, Kota Bandung, Selasa (29/9/20). (Foto: Humas Jabar for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menyerahkan penghargaan Kabupaten/Kota Sehat yakni Swasti Saba Tingkat Padapa (Pemantapan), Wiweda (Pembinaan), dan Wistara (Pengembangan) Tahun 2019 kepada 17 daerah di Jabar, di Bale Asri Pusdai, Kota Bandung, Selasa (29/9/20).

Wagub Jabar menjelaskan, penghargaan tertinggi dari Kementerian Kesehatan, Swasti Saba Wistara, merupakan penghargaan di bidang kesehatan lingkungan yang diberikan kepada kabupaten/kota yang telah menyelenggarakan tujuh tatanan penilaian. 

Ketujuh tatanan itu antara lain permukiman, sarana dan prasarana umum, industri dan perkantoran sehat, pariwisata sehat, pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, serta sosial yang sehat.

Wagub menambahkan, fokus kebersihan menjadi penting sebagai salah satu tolak ukur kesehatan masyarakat, terutama di masa pandemi Covid-19.

Untuk itu, Kang Uu berharap agar penghargaan Swasti Saba yang telah diraih bisa menjadi motivasi masyarakat Jabar untuk bisa mewujudkan lingkungan yang sehat. 

"Kebersihan menjadi penting karena menjadi salah satu preventif kita untuk menjaga kesehatan. Apalagi saat ini suasana pandemi Covid-19, di mana kesehatan sangat diprioritaskan untuk lebih baik lagi," ujar Kang Uu.

"Harapan kami, para bupati dan wali kota yang sudah mendapatkan (penghargaan) jadi motivasi untuk lebih giat dan hebat lagi, jangan merasa cukup dengan penghargaan hari ini," ucapnya.

Penerima Swasti Saba Padapa yaitu Kabupaten Bekasi, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Pangandaran, berhak mendapatkan piagam, piala, dan uang pembinaan sebesar Rp15 juta.Penerima Swasti Saba Wiwerda yakni Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Ciamis, berhak mendapatkan piagam, piala dan uang pembinaan Rp20 juta.

Daerah di Jawa Barat penerima Swasti Saba Wistara adalah yaitu Kota Depok, Bogor, Cirebon, Banjar, serta Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Sumedang, Subang, Karawang, Garut dan Kuningan, berhak mendapatkan piagam, piala dan uang pembinaan Rp25 juta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES