Kopi TIMES

Banano, Dari Lelucon Hingga Menjadi Koin Digital

Selasa, 29 September 2020 - 09:17 | 24.56k
Banano, Dari Lelucon Hingga Menjadi Koin Digital
Pramono Utomo, Crypto Enthusiast, Content Creator, System Developer & Crypto Community Manager

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ya koin meme dengan teknologi blockchain DAG yang mendukung transaksi hampir instan (kurang dari 3 detik) dan tanpa biaya, sebuah konsep kegilaan dalam dunia blockchain global. Banano bukanlah satu-satunya koin memes yang ada di dunia ini, namun Banano adalah satu-satunya koin meme berbasis komunitas yang sangat kuat.

Kita semua sudah mengenal teknologi blockchain sejak lama, bahkan jauh sebelum bitcoin ditemukan. Ya, jaringan keuangan terdesentralisasi bernama bitcoin baru diperkenalkan sekitar tahun 2009. Seiring berjalannya waktu, mulai banyak proyek berbasis kriptografi baru mulai bermunculan karena terinspirasi oleh bitcoin.

Banano adalah cabang pertama dari koin NANO yang menggunakan struktur blockchain berbeda dari bitcoin, sebuah teknologi yang diperkenalkan oleh Colin LeMahieu yang terinspirasi dari sebuah makalah milik Sergio Lerner yang menjelaskan penerapan apa yang disebut Grafik Asiklik Terarah (Directed Acyclic Graphs/DAG) ke bidang kriptografi. 

Dengan hal ini teknologi DAG milik NANO memperkenalkan bahwa transaksi mata uang kripto bisa dibuat hampir instan, tanpa biaya, dan aman. Ya, aman. Hal ini berkat penggunaan konsensus pemilihan perwakilan terbuka (open representative voting) dan bukti kerja (proof of work) untuk pencegahan spam pada jaringan blockchain tersebut.

Banano dimulai dari sebuah lelucon yang dibuat oleh sekelompok orang dalam komunitas NANO (kelompok komunitas pengembang aktif/kontributor) yang menghasilkan koin yang merupakan produk dari upaya yang cukup besar (tanpa menganggapnya serius, pada awalnya).

Seiring dengan berjalannya waktu, pengembangan kode node banano pun bisa berubah, hal ini disebabkan karena pengembangan yang lebih lanjut pada teknologi yang sudah ada, seperti adanya fitur perpesanan privasi secara on-chain. 

Namun, Banano tidak bertujuan untuk modifikasi drastis dari implementasi referensi node pada tahap awal, hal ini lebih tentang bagaimana meningkatkan ekosistem dan memastikan bahwa Banano memiliki pengembang terbaik yang dapat melakukannya!

Banano memiliki beberapa dompet digital yang bisa digunakan, mulai dari versi desktop (masih beta), web-wallet (Vault), dan aplikasi pada ponsel pintar (Kalium).

Kalium merupakan dompet digital Banano yang sangat mudah untuk digunakan, bahkan untuk masyarakat awam yang tidak memiliki pengetahuan apapun tentang blockchain dan kripto akan dapat menggunakannya dalam hitungan menit. Transaksi menggunakan kalium juga hampir instan dan tanpa biaya. Ya, tanpa biaya sama sekali.

Lalu, bagaimana cara banano bisa membuat transaksi instan dan tanpa biaya? Rahasianya ada pada arsitektur Block Lettuce. Apa itu?
Setiap akun akan memiliki blockchainnya sendiri, mentransfer dana dari satu akun ke akun yang lain akan memerlukan 2 buah transaksi yaitu pengurangan dana pada akun yang mengirim serta penambahan dana pada akun yang menerima dana. Akun tersebut akan mengkodekan saldo total terakumulasi ketika melakukan transaksi. 

Oleh karena itu node hanya perlu melacak blok terbaru daripada harus mengeluarkan sumber daya berlebih untuk mencari dan melacak riwayat lengkap suatu akun. Kebenaran suatu data akan tetap dipertahankan, namun waktu transaksi akan berkurang bila dibandingkan dengan arsitektur blockchain tunggal yang digunakan oleh mata uang kripto lain.

Buku Besar (Ledger) blockchain Banano diamankan melalui aturan “Open Representative Voting” yang sebelumnya biasa disebut ‘Proof-of-Stake’ yang didelegasikan. Yaitu sebuah mekanisme desentralisasi yang kuat yang tidak memiliki analog kuat dalam algoritma Proof-of-Work (PoW) atau Proof-of-Stake (POS). 

Dalam sistem PoS konvensional, node pemilik akun harus berjalan untuk berpartisipasi dalam pemungutan suara. Sebaliknya, pemegang akun Banano memilih node perwakilan untuk memberikan suara atas nama mereka sendiri jika terjadi transaksi yang bertentangan. PoW pada Banano hanya digunakan sebagai Anti-Spam (bahkan perhitungannya pun hampir instan). 
Bahkan setelah transaksi dikirim, PoW untuk transaksi berikutnya juga dapat dihitung sebelumnya, karena bidang blok sebelumnya sudah diketahui. Oleh karena itu transaksi akan muncul seketika.

Mekanisme PoW pada teknologi NANO bermaksud untuk berfungsi sebagai mekanisme anti-spam dengan mengorbankan penundaan pembuatan blok yang tidak perlu pada mesin kelas bawah. Hal ini menyebabkan proyek komunitas dan studi lapangan lebih sulit untuk dikembangkan pre-cache dan concurrent work pada satu pekerjaan dirasa tidak berguna dan tidak memungkinkan, Itulah kenapa Banano mengubah sedikit kode dan memilih waktu pembuatan PoW yang lebih cepat tetapi tetap menggunakan algoritma asli (yaitu dengan mencirikan nonce yang digabungkan dengan hash blok, hingga hasilnya melebihi ambang tertentu). 

Oleh karena itu, protokol BANANO dapat berjalan pada perangkat keras berdaya rendah, memungkinkannya menjadi mata uang kripto yang ringan, praktis, dan terdesentralisasi untuk penggunaan sehari-hari.

Rata-rata, waktu pemrosesan transaksi bisa 8x lebih cepat untuk BANANO dibandingkan NANO, jika hal ini sambil dilakukan dalam perhitungan konsumsi listrik, maka hasilnya akan membuat penggunaan listrik Banano 8x lebih sedikit. Ada rumus matematika untuk menghitung ini: (²⁶⁴ — 0xfffffe0000000000) / (²⁶⁴ — 0xffffffc000000000), Dengan perhitungan ini tentunya akan sangat aman penggunaan PoW pada ponsel seluler, tetapi tetap harus disesuaikan dengan ambang batas yang baru agar tidak membuang energi secara tidak perlu pada masa depan.

Setiap akun/alamat mata uang digital (cryptocurrency) biasanya terdiri dari banyak huruf dan angka dan sangat kecil kemungkinan seseorang dapat menghafal rangkaian atau susunan tersebut. Hal ini telah terpecahkan pada Banano. Banano menggunakan MonKeys yaitu sebuah gabungan gambar animasi monyet yang disesuaikan berdasarkan masing-masing alamat mata uang digital Banano yang digunakan oleh setiap pengguna. Dan hal MonKeys sendiri akan terus di perbaharui agar tetap terus bisa menampung lebih banyak jumlah pengguna sesuai dengan jumlah akun Banano. 

Tersedia juga beberapa aksesoris yang yang hanya dapat dimiliki oleh pengembang (Tim Developer Utama), alamat pertukaran (exchange) dan lainnya yang mungkin memerlukan perbedaan agar tidak terjadi penyalahgunaan seperti phising atau alamat pengembang palsu. Pembuatan MonKeys sangat mudah, saat anda membuat sebuah akun baru, maka secara otomatis akan muncul gambar animasi hewan monyet dengan warna tertentu lengkap dengan aksesoris yang sangat unik dan berbeda setiap akunnya. Anda bisa mencari dan melihat bagaimana cara mengimplementasikan MonKeys pada website anda dengan cara mengunjungi website https://monkeys.banano.cc.

CAMO BANANO, koin privat atau privasi pada Banano menggunakan ECDH.
Tantangan kriptografi yang terkenal adalah privasi: pencegahan ekstraksi informasi yang tidak sah dari komunikasi melalui saluran yang tidak aman. Baik perusahaan maupun individu tidak ingin semua informasi mereka terlihat secara publik di blockchain, dengan cara yang dapat dibaca tanpa batasan oleh pemerintah, anggota keluarga, teman, atau pesaing bisnis.

Saat ini CAMO BANANO sendiri sedang dalam tahap beta atau bisa dikatakan masih dalam tahap pengembangan.
Solusi CAMO saat ini terdiri dari tiga lapisan teknologi:
1. Blockchain steganography
2. Menyimpan kunci publik ECDH di blockchain
3. Transaksi pribadi yang dapat dibalik menggunakan benih (SEED) bersama dan transaksi pribadi yang tidak dapat diubah menggunakan kunci publik bersama

Blockchain Stenography dan ECDH

Setiap dompet BANANO menampung banyak alamat dan diakses menggunakan seed. Diasumsikan bahwa pihak A (Fani) dan B (Luna) dalam transaksi memiliki seed yang ada untuk dompet yang sudah ada. Tujuan utama dari sistem ini adalah untuk mengirim dana dari dompet Fani ke salah satu dompet milik Luna, yang hanya mengetahui benih Luna dan dompet tertutup pertamanya. Dengan membagi transaksi dana antara beberapa dompet di bawah satu benih, masing-masing pihak mengendalikan dana tetapi tidak muncul di daftar kaya.

Distribusi BANANO

BANANO didistribusikan secara bebas melalui faucet, game, kontes, hadiah, dan airdrop. Sampai saat ini, pemegang NANO dan Doge telah diberikan kemudahan dengan bonus melalui airdrops (yang tentunya akan lebih banyak lagi di masa mendatang). Selain itu, BANANO memiliki perbedaan yang sangat unik dari semua proyek mata uang kripto lainnya sejak awal: Distribusi koin gratis melalui permainan faucet yang inovatif. Anda tidak salah dengar, Banano tidak hanya memiliki faucet yang membosankan, Banano memiliki permainan faucet! Game BANANO Runner yang legendaris dengan putaran pertama pada bulan April 2018 adalah sukses besar dan bentuk yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mengirimkan mata uang kripto baru ke komunitasnya. (*)

*Penulis Pramono Utomo adalah Crypto Enthusiast, Content Creator, System Developer & Crypto Community Manager

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

 

____________
**) Kopi TIMES atau rubik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

**) Redaksi berhak tidak menanyangkan opini yang dikirim.



Publisher : Sholihin Nur

EKORAN

TERBARU

  • 50 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia 2020 Versi Fortune
    50 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia 2020 Versi Fortune
    22/10/2020 - 16:28
  • Blusukan di Benjeng Gresik, Pasangan QA Disambut Meriah oleh Warga
    Blusukan di Benjeng Gresik, Pasangan QA Disambut Meriah oleh Warga
    22/10/2020 - 16:22
  • Hari Santri Nasional 2020, DPP PKB Resmikan Platform Digital Santrinet
    Hari Santri Nasional 2020, DPP PKB Resmikan Platform Digital Santrinet
    22/10/2020 - 16:16
  • Upacara Hari Santri Nasional 2020 di Kota Malang Digelar dengan Protokol Kesehatan 3M
    Upacara Hari Santri Nasional 2020 di Kota Malang Digelar dengan Protokol Kesehatan 3M
    22/10/2020 - 16:12
  • Termasuk Pergantian Pangdam V Brawijaya, Panglima TNI Mutasi 57 Perwira Tinggi
    Termasuk Pergantian Pangdam V Brawijaya, Panglima TNI Mutasi 57 Perwira Tinggi
    22/10/2020 - 16:06
  • Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie Dikaruniai Bayi Laki-laki
    Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie Dikaruniai Bayi Laki-laki
    22/10/2020 - 16:03
  • Budi Tinggi Alumni Gontor
    Budi Tinggi Alumni Gontor
    22/10/2020 - 16:00
  • Doni Monardo Tekankan Pentingnya Penerapan Protokol Kesehatan
    Doni Monardo Tekankan Pentingnya Penerapan Protokol Kesehatan
    22/10/2020 - 15:55
  • Ketua PCNU Jombang Imbau Masyarakat Disiplin Laksanakan 3M
    Ketua PCNU Jombang Imbau Masyarakat Disiplin Laksanakan 3M
    22/10/2020 - 15:52
  • KH Marzuki Mustamar Doakan Hj Lathifah Shohib Jadi Bupati Malang
    KH Marzuki Mustamar Doakan Hj Lathifah Shohib Jadi Bupati Malang
    22/10/2020 - 15:49

TIMES TV

Oh my God, Aksi Demo UU Cipta Kerja disusupi Massa bayaran?

Oh my God, Aksi Demo UU Cipta Kerja disusupi Massa bayaran?

17/10/2020 - 16:33

UU Cipta Kerja juga Hapus Sertifikat Halal MUI?

UU Cipta Kerja juga Hapus Sertifikat Halal MUI?
TERNYATA, Tokoh PKI DN Aidit Keturunan Habaib?

TERNYATA, Tokoh PKI DN Aidit Keturunan Habaib?
Progesterex Bisa Bikin Wanita Tidak Hamil

Progesterex Bisa Bikin Wanita Tidak Hamil
GAWAT. GNPF Ulama, FPI dan PA 212 Keluarkan Fatwa Qishos?

GAWAT. GNPF Ulama, FPI dan PA 212 Keluarkan Fatwa Qishos?

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Budi Tinggi Alumni Gontor
    Budi Tinggi Alumni Gontor
    22/10/2020 - 16:00
  • Santri sebagai Agen Perubahan
    Santri sebagai Agen Perubahan
    22/10/2020 - 12:32
  • WR 2 UIN Maliki Malang Dr Ny Hj Ilfi Nur Diana Imron: Pejabat yang Ngugemi Tradisi Pesantren
    WR 2 UIN Maliki Malang Dr Ny Hj Ilfi Nur Diana Imron: Pejabat yang Ngugemi Tradisi Pesantren
    22/10/2020 - 08:51
  • Babak Baru Pilkada di Masa Pandemi
    Babak Baru Pilkada di Masa Pandemi
    21/10/2020 - 15:00
  • Tantangan Penelitian Kualitatif Saat Pandemi Covid-19
    Tantangan Penelitian Kualitatif Saat Pandemi Covid-19
    21/10/2020 - 14:00
  • Adaptasi Pelaku Usaha Saat Covid-19
    Adaptasi Pelaku Usaha Saat Covid-19
    21/10/2020 - 13:00
  • Menakar Kesehatan Mental Kita
    Menakar Kesehatan Mental Kita
    21/10/2020 - 12:00
  • Menguji Kesiapan Parpol dalam Kampanye Daring Pilkada
    Menguji Kesiapan Parpol dalam Kampanye Daring Pilkada
    21/10/2020 - 11:00

KULINER

  • Food Court Pinggir Sawah Sajikan Menu Spesial Ayam Goreng Mbak Ndari
    Food Court Pinggir Sawah Sajikan Menu Spesial Ayam Goreng Mbak Ndari
    22/10/2020 - 03:20
  • Nasi Aron Tengger Bromo, Another Way to Have Your Staple Food
    Nasi Aron Tengger Bromo, Another Way to Have Your Staple Food
    21/10/2020 - 00:46
  • Nikmatnya Jajanan Tradisional Kue Apem Cirebon
    Nikmatnya Jajanan Tradisional Kue Apem Cirebon
    18/10/2020 - 05:28
  • Menikmati Rujak Bakso Kuliner Unik di Kabupaten Majalengka
    Menikmati Rujak Bakso Kuliner Unik di Kabupaten Majalengka
    14/10/2020 - 13:02
  • Innside by Melia Yogyakarta Pamerkan Menu Unggulan Baru
    Innside by Melia Yogyakarta Pamerkan Menu Unggulan Baru
    14/10/2020 - 08:03
  • Anya Geraldine Foto Rebahan, Warganet: Dilihat Dosa Gak Dilihat Sayang
    Anya Geraldine Foto Rebahan, Warganet: Dilihat Dosa Gak Dilihat Sayang
    22/10/2020 - 00:00
  • Ternyata Ada Peran Jenderal TNI Dibalik Kunjungan PM Jepang di Jakarta
    Ternyata Ada Peran Jenderal TNI Dibalik Kunjungan PM Jepang di Jakarta
    22/10/2020 - 10:00
  • Eks Danjen Kopassus TNI Mendadak Jadi Sorotan Gadis-gadis Cantik IG
    Eks Danjen Kopassus TNI Mendadak Jadi Sorotan Gadis-gadis Cantik IG
    22/10/2020 - 09:00
  • Ilmuwan Tunjukkan Lokasi Akan Terjadinya Mega Tsunami
    Ilmuwan Tunjukkan Lokasi Akan Terjadinya Mega Tsunami
    22/10/2020 - 12:32
  • 30 Hari Menghilang, Prajurit TNI Mendadak Sakit Jiwa
    30 Hari Menghilang, Prajurit TNI Mendadak Sakit Jiwa
    22/10/2020 - 00:07