Politik Pilkada Serentak 2020

Sugirah, Sosok Petani Sukses yang Menjadi Calon Wakil Bupati Banyuwangi

Selasa, 29 September 2020 - 08:52 | 429.73k
H Sugirah, S.Pd, M.Si, Calon Wakil Bupati Banyuwangi. (FOTO: H Sugirah for TIMES Indonesia)
H Sugirah, S.Pd, M.Si, Calon Wakil Bupati Banyuwangi. (FOTO: H Sugirah for TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Jelang Pilbup Banyuwangi, nama Sugirah, atau lengkapnya, H Sugirah S.Pd, M.Si, tentu sudah tak asing lagi bagi seluruh masyarakat Banyuwangi. Wajahnya pun sudah sangat familiar. Terpampang dalam poster ukuran mini hingga baliho raksasa. Menyebar diseantero Bumi Blambangan.

Ya, dia adalah Calon Wakil Bupati (Cawabup) Banyuwangi, pada kontestasi Piklbup Banyuwangi 2020. Mendampingi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, sebagai Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 2.

Lalu siapakah sebenarnya sosok H Sugirah?.

Sugirah-2.jpgH Sugirah, S.Pd, M.Si, Calon Wakil Bupati Banyuwangi, bersama istri, Hj Budi Sayekti. (FOTO: H Sugirah for TIMES Indonesia)

Sugirah, adalah warga Dusun Krajan, Desa Seneporejo, Kecamatan Siliragung. Pria kelahiran Banyuwangi, 1 Februari 1964, ini memang warga kampung. Tapi jangan salah, kursi anggota DPRD Banyuwangi telah dia tempati selama 3 periode. Bukti kepercayaan masyarakat yang tidak main-main.

Dan pencapaian itu tidak didapat begitu saja. Namun buah dari rekam jejak pengabdian serta kedekatan dengan kalangan wong cilik. Maklum, sejak usia muda suami dari Hj Budi Sayekti ini akrab dengan aktivitas pertanian. Sebuah profesi mayoritas masyarakat pedesaan.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), sampai menjadi pentolan Asosiasi Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Kabupaten Banyuwangi, pernah dilakoni.

Berkat kerja keras, kader PDI Perjuangan militan ini pun berhasil jadi petani yang sukses. Lengkap dengan finansial yang melimpah. Namun tetap membumi dan rendah diri. Itulah yang membuat Sugirah menjadi tokoh panutan.

Sugirah-3.jpgH Sugirah, S.Pd, M.Si, Calon Wakil Bupati Banyuwangi, bersama istri, Hj Budi Sayekti. (FOTO: H Sugirah for TIMES Indonesia)

Terlebih dia memang pribadi yang berwawasan dan religius. Bahkan sebagai salah satu tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Sugirah kerap diminta menjadi penceramah. Termasuk menduduki posisi Wakil Ketua Himpunan Jamaah haji ‘Roudhotul Hikmah’, Kecamatan Bangorejo, Siliragung dan Pesanggaran. Dan disektor pertanian, dia didapuk Wakil Ketua Bidang Hortikultura KTNA Banyuwangi.

“Sebagai masyarakat, sudah selayaknya kita mencurahkan segala daya untuk kebaikan masyarakat. Dan sebagai petugas partai, menjadi kewajiban untuk setia dan patuh pada perintah,” ungkap H Sugirah kepada TIMES Indonesia, Selasa (29/9/2020).

Pengabdian dan kedekatan dengan masyarakat. Terbuka pada siapa saja serta kesetiaan pada amanat dan titah Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri, dan Ketua DPC PDI Perjuangan Banyuwangi, I Made Cahyana Negara, kini mengantar dirinya didaulat menjadi Cawabup Banyuwangi. Bersanding dengan Ipuk Fiestiandani, di Nomor Urut 2 dalam kontestasi Pilbup Banyuwangi 2020.

Kehadiran Sugirah, merupakan kemenangan bersama dari kalangan petani di Banyuwangi. Karena dia adalah politisi Banteng yang benar-benar seorang petani. Yang hingga kini, tetap tak risih untuk berpeluh keringat dikubangan lumpur sawah. Sugirah Sosok petani sukses yang tetap dekat dengan wong cilik. Petani yang berwawasan dan religius. (*)

Ekoran-29-09-2020-Sugirah-petani-sukses-jadi-cawabup.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES