Peristiwa Daerah

New Spirit, Logo Baru KAI Diluncurkan di Momen HUT ke-75

Selasa, 29 September 2020 - 06:56 | 184.14k
Dengan perubahan logo, dapat lebih mengintegrasikan KAI Group yang berbeda bisnis dan budayanya menjadi satu dalam satu grup perusahaan. (FOTO: Humas KAI Daop 5 Perwokerto for TIMES Indnesia)
Dengan perubahan logo, dapat lebih mengintegrasikan KAI Group yang berbeda bisnis dan budayanya menjadi satu dalam satu grup perusahaan. (FOTO: Humas KAI Daop 5 Perwokerto for TIMES Indnesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPT KAI (Kereta Api Indonesia) mengganti logo perusahaannya. Tujuannya, untuk mempercepat integrasi bisnis KAI Group dan menambah fleksibilitas ekspansi bisnis ke depan.

"Dengan adanya perubahan logo ini, dapat lebih mengintegrasikan KAI Group yang berbeda bisnis dan budayanya menjadi satu dalam satu grup perusahaan,” ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo pada perayaan HUT yang ke-75 tahun di Kantor Pusat KAI, Bandung, Senin (28/9/2020).

Didiek mengatakan, perubahan logo ini sebagai langkah transformasi menjadi sebuah brand architecture yang efektif, sehingga akan menciptakan keterpaduan di dalam KAI Group. Disamping itu, pergantian logo KAI diharapkan dapat semakin meningkatkan proses komunikasi terhadap semua stakeholders, serta dapat mengefisiensikan anggaran.

Baru-KAI-Diluncurkan-di-Momen-2.jpg

Logo baru KAI ini terinspirasi dari bentuk rel kereta yang digambarkan dengan garis menyambung ke atas pada huruf A. KAI diharapkan terus maju dan menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik yang terintegrasi, terpercaya, bersinergi, dan kelak dapat menghubungkan Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

"Perubahan logo ini dalam rangka menjawab tantangan yang ada dan selaras dengan visi KAI yang baru, yaitu menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia," imbuh Didiek.

Dengan menggunakan typeface italic yang dinamis dan modifikasi pada huruf A menggambarkan karakter KAI yaitu progresif, berpikiran terbuka, dan terpercaya. Grafik yang tegas namun ramah dengan perbedaan warna pada huruf diharapkan dapat mencerminkan hubungan yang harmonis dan kompeten antara KAI dan seluruh pemangku kepentingan.

Sementara perpaduan antara warna biru tua yang menunjukkan stabilitas, profesionalisme, amanah, dan kepercayaan diri, yang ditambah dengan aksen warna oranye yang menunjukkan antusiasme, kreativitas, tekad, kesuksesan, dan kebahagiaan.

“Semoga dengan logo baru ini memberikan spirit baru bagi KAI untuk mewujudkan visi berlandaskan pada nilai-nilai utama yang baru, yaitu AKHLAK, Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif,” kata Didiek.

Pada agenda HUT kali ini KAI juga meresmikan peluncuran Membership KAI Access. Melalui Membership KAI Access, setiap transaksi pembelian tiket KA jarak jauh komersial di seluruh channel, pelanggan berkesempatan untuk mendapatkan railpoint. Setiap pembelian tiket senilai minimal Rp 50.000 akan mendapatkan poin sebesar 10 poin dan berlaku kelipatannya dengan pembulatan ke bawah.

Baru-KAI-Diluncurkan-di-Momen-3.jpg

Untuk mendapatkan poin, pelanggan diharuskan melakukan update aplikasi KAI Access ke versi 4.3.8 dan terlebih dahulu mendaftar menjadi member melalui aplikasi KAI Access atau situs kai.id. Agar dapat menikmati lebih banyak benefit, maka pelanggan diimbau untuk melakukan upgrade ke Member Premium. Benefit Member Premium yaitu redeem point, program eksklusif, diskon spesial, dan layanan premium.

“Kami percaya loyalitas pelanggan terhadap KAI Access adalah segalanya. Kini saatnya bagi kami memberikan apresiasi kepada pelanggan setia dengan menghadirkan program Membership KAI Access,” kata Didiek.

Dalam rangka HUT ke-75 PT KAI melalui program CSR, KAI memberi bantuan sebesar Rp 1,075 miliar kepada penyandang disabilitas di seluruh wilayah operasi KAI dari Aceh sampai Jember. Di momen spesial ini, KAI kami merangkul mereka yang berkebutuhan khusus agar terus termotivasi, sehingga dapat berkarya lebih banyak.

Manajer Humas KAI Daop 5 Purwokerto Supriyanto mengatakan, bantuan berupa kursi roda, alat bantu dengar, tempat tidur, perbaikan gedung, serta sarana air bersih kepada yayasan-yayasan disabilitas dan SLB. "Juga bantuan untuk mendukung kelompok usaha dan aksesibiltas para disabilitas berupa peralatan usaha, motor roda 3, dan mobil operasional," katanya, Selasa (29/9/2020) pagi.

Sementara PT Balai Pustaka (Persero) terbitkan buku Sejarah Perkeretaapian Indonesia: Dulu, Kini, dan Mendatang. Buku berisi perjalanan panjang KAI, mulai dari pertama kali pembangunan jalur kereta api hingga KAI terus bertransformasi tanpa henti. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES