Gaya Hidup

Temuan Terbaru, ASI Disinyalir Bisa Melumpuhkan Covid-19

Selasa, 29 September 2020 - 01:57 | 60.84k
Ilustrasi - ibu menyusui. (FOTO: s4.bukalapak.com)
Ilustrasi - ibu menyusui. (FOTO: s4.bukalapak.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selama ini, ibu yang terpapar Covid-19 dilarang menyusui bayinya karena ditakutkan bisa menularkan virus mematikan ini ke bayinya. Namun, temuan terbaru dari sebuah riset di China menyebutkan bahwa ASI atau air susu ibu terbukti bisa melibas dan membumi hanguskan virus ini.

Dilansir dari South China Morning Post sekelompok peneliti di Beijing China meneliti reaksi ASI (yang telah diambil pada tahun 2017 sebelum pandemi muncul) yang diteteskan pada beberapa sel yakni sel ginjal hewan, paru-paru dan sel perut anak-anak yang terpapar Covid-19.

Hasilnya, semua virus yang hidup dalam sel-sel tersebut mati tak bersisa. ASI tersebut memblokir jalannya virus, baik virus yang hendak berkembang maupun virus yang sudah tumbuh di dalam sel.

Hal ini tentunya berlawanan dengan anggapan yang ada selama ini bahwa menyusui merupakan jalur utama penularan Covid-19 pada bayi. Anggapan ini bahkan diamini oleh Us Centres for Disease Control (lembaga penanganan penyakit di Amerika).

Temuan ini mendukung pendapat WHO (world Health Organization) agar ibu menyusui terus melanjutkan pemeberian ASI meskipun mereka mengidap Covid-19.

Dari penelitian ini, Tong, salah satu ilmuwan yang meneliti keajaiban ASI ini bersama beberapa rekannya menyimpulkan bahwa virus Corona sensitif terhadap beberapa protein yang terkandung dalam air susu ibu.

Mereka bahkan menyimpulkan bahwa kandungan utama air susu ibu yang mematikan virus itu adalah protein whey yang mengandung beberapa elemen protein lain di dalamnya.

Tong juga menyebutkn protein whey yang terkandung dalam susu sapi hanya mampu membunuh 70% virus. Namun protein yang terkandung dalam ASI atau air susu ibu mampu melumat semua virus termasuk Covid-19. (*)

Ekoran-29-09-2020-ASI-Bisa-Lumpuhkan-Covid.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES