Pemerintahan

BPS Lakukan Survei Perilaku Masyarakat saat Pandemi, Apa Tujuannya?

Senin, 28 September 2020 - 20:12 | 32.56k
Logo BPS. (FOTO: BPS)
Logo BPS. (FOTO: BPS)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bertujuan untuk melihat tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan Covid-19, Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan survei dengan berbagai responden. Survei ini dilakukan BPS pada periode 7-14 September 2020 kemarin.

"Tujuan survei ini bertujuan untuk melihat tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan. Kemudian memahami apa saja kendala atau alasan masyarakat tidak melakukannya," ujar Kepala BPS Suhariyanto dalam agenda rilis surveinya virtual, Senin (28/9/2020).

Ia menjelaskan, untuk jumlah responden dalam survei ini yakni 90.967. Rinciannya, 55 persen perempuan, 45 persen laki-laki. Dan 69 persen berusia di bawah 45 tahun, serta 61 persen responden berlatar pendidikan sarjana ke atas.

Sementara itu, Ketua Satgas Penangangan Covid-19 Doni Monardo menambahkan, semua kebijakan terkait penanganan Covid-19 memang harus didasarkan pada data atau survei seperti yang dilakukan oleh BPS. Hal itu yang juga arahan dari Presiden RI Joko Widodo.

Menurut Doni, Covid ini media transmisinya manusia, berbeda dengan flu burung dan flu babi di mana transmisinya hewan.

"Jadi kita perlu mengetahui sejauh mana tingkat pengetahuan masyarakat terhadap ancaman Covid dan apa saja hambatan dalam melaksanakan protokol kesehatan," ujarnya menegaskan pentingnya data survei BPS untuk menetapkan kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES