Pemerintahan

Di Tengah Pandemi, Pemkab Gunungkidul Raih Penghargaan Inovasi Sektor Pariwisata

Senin, 28 September 2020 - 19:07 | 56.47k
Bupati Gunungkidul Badingah saat menyerahkan duplikat piagam penghargaan kepada Pokdarwis Gunung Api Purba Nglanggeran (FOTO: Humas Pemkab Gunungkidul)
Bupati Gunungkidul Badingah saat menyerahkan duplikat piagam penghargaan kepada Pokdarwis Gunung Api Purba Nglanggeran (FOTO: Humas Pemkab Gunungkidul)

TIMESINDONESIA, GUNUNGKIDUL – Prestasi membanggakan diraih Pemkab Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Yakni, mendapatkan penghargaan dalam lomba Inovasi Daerah Dalam Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI).

Penghargaan itu diberikan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gunung Api Purba Nglanggeran.

Sebagai bentuk apresiasi, Bupati Gunungkidul, Badingah menyerahkan duplikat piagam penghargaan tersebut kepada Pokdarwis Gunung Api Purba Nglanggeran di Rumah Dinas Bupati Gunungkidul, Senin (28/09/2020).

Bupati Gunungkidul b

Sebelumnya, Pemkab Gunungkidul mengikuti ajang perlombaan Inovasi Daerah Dalam Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 2019 yang diselenggarakan Kemendagri RI.

Tujuan lomba ini mengajak dan mendorong  pemerintah daerah agar terlibat secara aktif dalam menangani pandemi Covid-19. 

Adapun jenis perlombaannya yakni membuat video Inovasi Daerah Dalam Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 meliputi 7 sektor yakni pasar tradisional, pasar modern atau mall,restoran,  hotel, pelayanan terpadu satu pintu (PTSP), tempat wisata dan tranportasi umum.

Dari 7 sektor tersebut,  Pemkab Gunungkidul mengikuti semua sektor dan yang ditunjuk  masing-masing sektor yaitu Pasar Tradisional, Pasar Playen; Pasar Modern/Mall, Pamela; Restoran, HeHa  Sky  View; Hotel, Home Stay Nglanggeran ; PTSP, DMPT Kabupaten Gunungkidul; Tempat Wisata, Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran dan Tranportasi Umum, Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul. 

Bupati Gunungkidul c

"Hasil dari video 7 sektor  ini kemudian dikirim ke Panitia Kemendagri RI untuk dinilai.  Dan alhamdulillah, dari hasil tersebut Pemkab Gunungkidul mendapatkan juara 2 yaitu untuk sektor Tempat Wisata klaster Kabupaten diwakili oleh Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran," kata Badingah.

Atas capaian itu, selain diganjar Piagam Penghargaan, Pemkab Gunungkidul juga berhak mendapat Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp 2 miliar. Badingah mengatakan DID itu  telah dialokasikan melalui Belanja Tak Terduga (BTT) Kabupaten Gunungkidul.

Dana tersebut selanjutnya akan digunakan Pemkab Gunungkidul untuk penanganan Covid-19, khususnya untuk penguatan jaringan internet di kawasan wisata, program padat karya di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran, penyediaan fasilitas penanganan Covid-19 di destinasi wisata, belanja smartphone untuk pendataan wisatawan dan penyediaan fasilitas penanganan Covid-19 di Pasar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES