Peristiwa Daerah

Buka Tutup Jalan Dikritik, Wali Kota Bandung: Saya Utamakan Kesehatan Warga

Senin, 28 September 2020 - 19:02 | 26.29k
Wali Kota Bandung Oded M Danial. (FOTO: Humas Pemkot Bandung for TIMES Indonesia)
Wali Kota Bandung Oded M Danial. (FOTO: Humas Pemkot Bandung for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNGWali Kota Bandung, Oded M Danial akhirnya buka suara terkait banyaknya kritikan soal kebijakan buka tutup jalan dibeberapa titik ruas jalan Kota Bandung untuk memutus mata rantai sebaran Covid-19.

Bahkan yang teranyar kini ramai-ramai para pedagang Pasar Baru ingin membuka Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista) - Suniaraja (salah satu ruas jalan yang di buka tutup Pemkot Bandung).

Menurut Wali Kota Oded sistem buka tutup jalan tidak hanya menjadi keputusan Pemerintah Kota Bandung, melainkan hasil urun rembug Forkompimda Kota Bandung (Polrestabes Bandung dan Kodim 0618/BS) mengacu pada evaluasi pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Kota Bandung.

"Saya berharap mereka (masyarakat dan para pedagang) paham. Karena ini persoalannya Covid-19 masih berlangsung (penularannya). (Buka tutup jalan) ini agar tidak ingin makin banyak korban yang berjatuhan," ungkapnya dalam keterangan yang diterima, Senin (28/9/2020).

Buka tutup jalan yang dilakukan di Kota Bandung, dijelaskan Wali Kota Oded, tidak berlangsung sepanjang hari melainkan dengan pengaturan waktu. Waktu buka-tutup jalan antara lain, pukul 09.00-11.00 WIB, pukul 14.00-16.00 WIB, dan pukul 21.00-06.00 WIB.

"Hasil rapat evaluasi AKB bersama Forkompimda pada 24 September 2020 lalu memutuskan bahwa sistem buka tutup ini perlu dilanjutkan. Mengingat angka penambahan kasus Covid-19 di Kota Bandung masih relatif tinggi. Dalam rapat rapatkan bersama Forkompimda bahwa keputusannya masih seperti itu (buka-tutup jalan)," terangnya.

Wali Kota Oded menjelaskan pada akhir Agustus 2020 lalu pernah ditemukan kasus konfirmasi positif pada seorang pedagang Pasar Baru di salah satu blok.

Pemkot Bandung pun telah membatasi aktivitas di blok tersebut selama empat hari. Oleh karena itu, Politisi PKS ini mengaku tengah mencari solusi menggerakkan ekonomi Kota Bandung.

"Tapi tetap akan mengutamakan kesehatan masyarakat. Termasuk pedagang dan pembeli di Pasar Baru. (Melalui kebijakan buka tutup jalan) saya ingin lebih mengutamakan kesehatan warga Kota Bandung," tandas Wali Kota Bandung, Oded M Danial. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES