Peristiwa Daerah

Maksimalkan Pelayanan, Polresta Probolinggo Tambah Satu Polsek

Senin, 28 September 2020 - 17:57 | 58.02k
Simbolis awal pembangunan Mapolsek Kanigaran, dilakukan Karo Rena Polda Jatim, Kombespol Revindo. (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)
Simbolis awal pembangunan Mapolsek Kanigaran, dilakukan Karo Rena Polda Jatim, Kombespol Revindo. (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Guna memaksimalkan pelayanan pada masyarakat, Polresta Probolinggo, Jawa Timur, tambah satu kantor Kepolisian Sektor. Peletakan batu pertama Mapolsek Kanigaran, dilakukan Karo Rena Polda Jatim, Kombespol Revindo.

Lokasi pembangunan Mapolsek Kanigaran, berada di Jalan Citarum, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo.

Didampingi Waka Polresta Probolinggo, Kompol Teguh Santoso dan Wakil Wali Kota Probolinggo, HMS. Subri dan Kasdim 0820 Mayor Meftah Puadi, peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan mapolsek, berlangsung khidmat.

"Ini merupakan bentuk sinergi nyata antara Polri, masyarakat dan pemerintah. Yang bertujuan memberikan pelayanan prima pada masyarakat," jelas Kombespol Revindo, Senin (28/9/2020).

Pembangunan Mapolsek Kanigaran, berada di atas lahan seluas 700 meter persegi. Alokasi anggaran yang disediakan untuk pembangunan sebesar Rp 2,5 miliar dengan penawaran Rp 2,1 miliar dari APBD Kota Probolinggo tahun 2020.

Menurutnya, pembangunan Mapolsek Kanigaran, Polres Probolinggo Kota ini memang sudah dicita-citakan sejak lama.

"Karena, seperti kita ketahui bersama, wilayah hukum Polres Probolinggo Kota cukup luas. Tentu dengan kondisi seperti ini membutuhkan kedekatan kantor Polisi di dalam kehidupan masyarakat guna memaksimalkan upaya penanganan pihak kepolisian," imbuh Revindo.

Tak hanya itu, dirinya juga berharap setelah terbangunnya Mapolsek Kanigaran, akan segera memenuhi Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana prasarananya. "Semakin cepat terealisasi, maka pelayanan terhadap masyarakat semakin maksimal," ucapnya.

Melalui kegiatan Peletakan Batu Pertama dimulainya pembangunan Kantor Polsek Kanigaran ini, Revindo memberikan apresiasi atas dukungan Walikota Hadi Zainal Abidin dan Ketua DPRD Kota Probolinggo Abdul Mujib.

Sementara itu, Wakil Wali Kota HMS. Subri mengatakan, rencana pembangunan dua Mapolsek yakni, Kanigaran dan Kedopok di Kota Probolinggo tahun ini hanya bisa diwujudkan satu, yakni Mapolsek Kanigaran.

"Karena anggarannya dialihkan untuk penanganan Covid-19, akhirnya hanya bisa dibangun Mapolsek Kanigaran," kata Subri.

Padahal sebelum pandemi Covid-19, Pemkot Probolinggo sudah matang menyiapkan dua petak lahan masing-masing 700 meter persegi di Jalan Citarum dan Jalan Serayu, Kota Probolinggo.

Tidak hanya lahan, Pemkot Probolinggo juga menyiapkan dana sekitar Rp5 miliar melalui APBD 2020 untuk membangun dua mapolsek tersebut. Meski demikian, Subri optimis proyek pembangunan Mapolsek Kanigaran cepat terlaksana. Proyek tersebut memakan waktu 100 hari kerja.

"Untuk pembangunan Mapolsek Kedopok di Jalan Serayu, ditunda pembangunannya. Insya-Allah, dibangun pada 2021 mendatang," sebut Wawali.

Berdasarkan catatan, Kota Probolinggo memiliki lima kecamatan dengan tiga Mapolsek yakni, Mayangan, Kademangan, dan Wonoasih. Sedangkan dua kecamatan lainnya, Kanigaran dan Kedopok tidak memiliki mapolsek.

Karena tidak memiliki polsek sendiri, warga di Kecamatan Kanigaran dilayani Polsek Mayangan. Sementara warga di Kecamatan Kedopok dilayani Polsek Wonoasih. Kehadiran Polsek Kanigaran Polresta Probolinggo diharap mampu meningkatkan pelayanan pada masyarakat Kota Probolinggo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES