Gaya Hidup

Gugah Kebekuan, Perupa Kota Batu Melukis On The Spot

Senin, 28 September 2020 - 17:18 | 72.57k
Perupa Kota Batu akan melukis bersama di Desa Sumberbrantas Kota Batu akhir pekan mendatang. (Pondok Seni Kota Batu for TIMES Indonesia)
Perupa Kota Batu akan melukis bersama di Desa Sumberbrantas Kota Batu akhir pekan mendatang. (Pondok Seni Kota Batu for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Ada cara menarik yang akan dilakukan sejumlah perupa di Kota Batu untuk menggugah kebekuan akibat Pandemi Covid-19 yang melanda bumi.

Hari Sabtu (3/10/2020) mendatang mereka akan berkumpul di Desa Kaki Langit, Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji untuk melukis On The Spot.

Bersama-sama para perupa ini akan merekam keindahan panorama alam pegunungan Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji lewat lukisan mereka masing-masing. Lukisan ini dibuat langsung di lokasi secara bersama-sama dengan sudut pandang dan karya yang tentu berbeda.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pondok Seni Kota Batu. Yusfianto, Litbang Pondok Seni Kota Batu mengatakan bahwa semua itu terangkum dalam kegiatan On The Spot #1 yang tahun ini bertajuk Nature.

“Wujud visualnya bisa berupa lukisan dan juga sketsa atau sesuai dengan media yang biasa digunakan dari masing-masing perupa dalam merespon obyek yang tersaji dihadapannya,” ujar Yusfianto.

Semua proses yang dilakukan di Jalan Raya Desa Sumberbrantas ini tentu akan menarik perhatian warga dan pengguna jalan.

Yusfianto mengatakan bahwa kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan. Dipilihlah desa Sumberbrantas yang memiliki panorama alam yang sangat indah. Kegiatan ini selain menjadi sarana silaturahmi untuk para perupa, juga dilaksanakan untuk lebih menggairahkan proses berkesenian di tengah Pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini juga menjadi sarana rekre(Art) atau refreshing untuk para perupa di Kota Batu,” ujar Yusfianto. Menurutnya, mereka mengusung tema Nature untuk merespon keindahan panorama alam ditempat ini.

Menurutnya, program ini dirancang berkesinambungan dalam rentang waktu berkala. Tidak hanya berkarya, perupa yang tergabung dalam Pondok Seni Kota Batu ini juga merencanakan Pasar Seni di Kota Batu. Hasil dari karya On The Spot #1 ini akan dijual di Pasar Seni PSB yang dilaksanakan pada momen yang lain di Kota Batu.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES