Peristiwa Nasional

BPS: 92 Persen Masyarakat Indonesia Patuh Memakai Masker

Senin, 28 September 2020 - 16:50 | 28.25k
Ilustrasi - Masker (FOTO: iStock)
Ilustrasi - Masker (FOTO: iStock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan sebanyak 92 persen masyarakat Indonesia patuh memakai masker. Hal itu adalah hasil survei perilaku masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Survei BPS ini dilakukan pada 7 hingga 14 September 2020 secara daring. Jumlah responden yang diwawancara sebanyak 90.967. 55 persen responden, survei ini adalah perempuan dan 45 persen laki-laki.

Sebesar 69 persen responden berusia kurang dari 45 tahun dan 61 persen responden berpendidikan minimal strata satu (sarjana) ke atas.

"(Sangat) menggembirakan," katanya Kepala BPS Suhariyanto, dalam agenda rilis surveinya virtual, Senin (28/9/2020).

Selain itu, kata dia, dari survei itu, untuk tingkat kepatuhan masyarakat untuk mencuci tangan juga cukup positif, yakni sebanyak 75 persen. Dan untuk kepatuhan menjaga jarak sebesar 73,54 persen.

"Jadi dari temuan ini secara umum menggembirakan," jelasnya.

Tak hanya itu, ia menjelaskan, penggunaan masker pada bulan September 2020 ini meningkat 8 persen dibanding April 2020 lalu. Namun buruknya, persentase cuci tangan dan jaga jarak justru malah mengalami penurunan.

"Nampaknya ke depan kita perlu melakukan sosialisasi yang lebih. Karena pakai masker tanpa jaga jarak enggak ada gunanya," ujar Kepala BPS Suhariyanto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES