Peristiwa Nasional

Sesuai Fakta Sejarah, Fadli Zon: Film G30S-PKI Masih Layak Ditayangkan

Senin, 28 September 2020 - 16:17 | 45.54k
Anggota Komisi I DPR RI Fadli Zon. (FOTO: dok. TIMES Indonesia)
Anggota Komisi I DPR RI Fadli Zon. (FOTO: dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anggota Komisi I DPR RI Fadli Zon menilai film G30S-PKI masih sangat layak untuk ditayangkan.

"Film itu masih sangat layak (ditayangkan). Film bagus dari sisi sinematografi maupun substansi," kata Fadli kepada wartawan, Senin (28/9/2020).

Sebelumnya, film G30S-PKI menjadi polemik setelah sempat disinggung oleh mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo. Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin meminta agar hal itu tidak dipermasalahkan karena Indonesia merupakan negara demokrasi.

Senada, Fadli Zon menyebut, film G30S-PKI sudah sesuai dengan fakta sejarah. Ia menjelaskan PKI pernah melakukan kudeta sebanyak dua kali, tepatnya pada 1948 dan 1965.

"Film ini didasarkan pada fakta sejarah. Memang PKI selalu melakukan upaya kudeta setidaknya 2 kali, yaitu 1948 dan 1965," ujar Fadli.

Kudeta pertama PKI dilakukan saat Indonesia sedang menghadapi Agresi Militer Belanda yang kedua. Kemudian, kudeta PKI yang kedua dilakukan di tahun 1965.

Namun, kata Fadli, bangsa Indonesia berhasil menumpas kudeta tersebut.

"Pada saat kita bersiap hadapi Agresi Militer Belanda II, PKI kudeta bulan September. Tapi berhasil ditumpas. Begitu juga PKI lakukan upaya kudeta lagi 1965, tapi berhasil dihadapi rakyat Indonesia," tutur Waketum Gerindra itu.

Fadli juga menilai film tersebut sangat akurat, khususnya dalam menggambarkan kekejaman yang dilakukan PKI saat itu. Bahkan, mantan Wakil Ketua DPR ini juga membandingkan kekejaman PKI dengan rezim komunis Uni Soviet di Kamboja.

"Film sangat akurat menurut saya. Kalau soal gambaran kekejaman, PKI memang sangat kejam dan ganas," sebut Fadli.

"Demikian pula rezim komunis di Soviet zaman Stalin, di Kamboja Pol Pot. Malah di Kamboja ada killing field yang menjadi saksi sejarah," ungkap Fadli Zon soal pemutaran film G30S-PKI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES