Pendidikan UIN Malang

Tim Biologi UIN Maliki Malang Asah Kemampuan Hidroponik dan Aquaponik Siswa SMKN

Senin, 28 September 2020 - 16:20 | 61.70k
Siswa SMKN 1 Wonosari Malang mengikuti arahan Shinta, Ketua Tim Biologi UIN Maliki Malang.
Siswa SMKN 1 Wonosari Malang mengikuti arahan Shinta, Ketua Tim Biologi UIN Maliki Malang.

TIMESINDONESIA, MALANG – Asah kemampuan hidroponik dan aquaponik dilakukan Tim Biologi UIN Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki Malang) kepada siswa SMK Negeri 1 Wonosari, Kabupaten Malang yang mengambil Program Agrobisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH). 

Hidroponik dan aquaponik merupakan cara bercocok tanam tanpa media tanah.  Budidaya tanaman dengan sistem ini lebih mengutamakan menggunakan media air yang telah dicampur dengan nutrisi.

Biologi UIN Maliki Malang 2Tim Biologi UIN Maliki Malang bersama pimpinan SMKN 1 Wonosari Kab.Malang.

Budidaya model ini variannya ada beberapa antara lain hidroponik dan aquaponik. Aquaponik lebih terintegrasi dengan kolam ikan yang airnya dipompa ke atas agar mengairi dan menjadi media tanam.

Baik hidroponik maupun aquaponik menjadi alternatif budidaya dengan luas lahan yang minimalis seperti di lingkungan rumah tangga perkotaan, di samping juga alternatif ketahanan pangan dan ketahanan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Kedatangan tim Biologi UIN Maliki Malang yang terdiri dari dosen Shinta, Prilya Dewi, Eko Budi Minarno dan Ulfah Utami, serta laboran Rahmat dan Moh Hatif dan mahasiswa, disambut Sukoco, Waka Sarpras SMKN 1 Wonosari, Kabupaten Malang beserta Waka yang lain, Ketua Program dan para siswa.

Sukoco menyambut gembira kehadiran tim dari Biologi UIN Maliki Malang, sebab dapat berkontribusi  terhadap pengembangan potensi siswa yang notabene berasal dari SMK bidang pertanian tersebut.

Dikemukakan oleh Sukoco dan para siswa, baru kali ini mereka mendapatkan materi alternatif budidaya pertanian ini.  Pihak sekolah juga menyampaikan bahwa model budidaya ini khususnya aquaponik dapat diintegrasikan dengan kolam budidaya ikan yang dimiliki sekolah. 

Tim Biologi UIN Maliki Malang juga menyerahkan peralatan untuk hidroponik dan aquaponik kepada SMKN 1 Wonosari, Malang agar dapat menjadi model percontohan bagi pengembangan oleh sekolah.

Biologi UIN Maliki Malang 3Tim Biologi UIN Maliki Malang dalamAsah Kemampuan Hidroponik dan Aquaponik di SMKN 1 Wonosari Kabupaten Malang.

Dalam kegiatan bersama Biologi UIN Maliki Malang ini, para siswa terlihat sangat antusias mengikuti paparan materi sekaligus praktik hidroponik dan aquaponik.

Asah kemampuan hidroponik dan aquaponik bagi siswa oleh Tim Biologi UIN Maliki Malang ini diharapkan dapat membentuk kompetensi dan kreativitas siswa di bidang pertanian, serta upaya mewujudkan ketahanan pangan bagi bangsa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES