Peristiwa Nasional

Sikatan Daya 2020, AWR Pandanwangi Jadi Sasaran Tembak Pesawat Tempur TNI AU

Senin, 28 September 2020 - 15:24 | 175.08k
Panglima Komando Operasi Angkatan Udara II, Marsekal Muda TNI Minggit Tribowo, SIP saat melakukan konferensi pers di Lanud ABD Saleh Malang perihal latihan antar Koopsau II sikatan daya. Senin, 28/9/2020. (FOTO: Tria Adha/TIMES Indonesia)
Panglima Komando Operasi Angkatan Udara II, Marsekal Muda TNI Minggit Tribowo, SIP saat melakukan konferensi pers di Lanud ABD Saleh Malang perihal latihan antar Koopsau II sikatan daya. Senin, 28/9/2020. (FOTO: Tria Adha/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Siang ini hingga tiga hari ke depan, 39 pesawat tempur TNI AU akan habis-habisan menyerang Air Weapon Range Pandanwangi (AWR Pandanwangi), Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang.

Aksi nyata yang dikemas dalam latihan Sikatan Daya 2020 ini akan disaksikan para pimpinan tinggi TNI AU, Forkopimda Kabupaten Lumajang, serta masyarakat.

Panglima Komando 2

Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara II (Pangkoopsau II), Marsekal Muda TNI, Minggit Tribowo, SIP mengatakan terimakasihnya atas dukungan dari masyarakat Lumajang khususnya Forkopimda Jawa Timur, Forkopimda Kabupaten Lumajang hingga terealisasinya manuver lapangan di AWR Pandanwangi, Lumajang ini.

AWR Pandanwangi Lumajang Air yang terletak di Desa Pandanwangi, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur di tepian Samudra Hindia ini merupakan lapangan tembak terbaik di kawasan Asia Tenggara.

"Luasnya sekitar 700 hektare, areal yang ideal untuk mempraktikkan kemampuan pesawat-pesawat tempur kita dalam bermanuver, menembak dan meluncurkan roket, dan itu kami gunakan secara life atau peluru tajam," kata Minggit Tribowo.

Karena itu pula, Minggit berharap masyarakat juga membantu ikut mengamankan area itu agar latihan ini berjalan aman, lancar dan terkendali.

Manuver lapangan yang dilaksanakan Koopsau II kali ini tidak hanya menyerang AWR Pandanwangi dengan hujan peluru dan roket, tetapi juga akan dibarengi dengan bakti sosial berupa pembagian masker sebagai bentuk kepedulian Koopsau II atas pandemi Covid-19.

Siang ini hingga tiga hari ke depan, 39 pesawat tempur TNI AU akan habis-habisan menyerang AWR Pandanwangi, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang dalam latihan Sikatan Daya 2020. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES